Sudah Punya Resolusi Keuangan Tahun 2016? Ini Tipsnya

Di penghujung tahun, tiap - tiap orang tentu memiliki harapan dan rencana untuk mendapatkan kondisi yang lebih baik di tahun depan. Sebuah resolusi merupakan hal yang akan menjadi dasar bagi anda untuk melangkah di tahun depan. Sebuah resolusi berisi tentang harapan dan strategi yang akan anda lakukan untuk mewujudkan keinginan anda. Nah, sudahkah anda memiliki resolusi untuk tahun 2016 ini? Di bidang finansial, anda perlu menyusun resolusi yang lebih detail. Jika tidak, maka bisa saja keuangan anda menjadi tidak terarah, sehingga akan berdampak langsung terhadap beragam harapan yang anda miliki. Dalam menyusun sebuah resolusi, mulailah dengan cara mengecek realitas yang anda miliki. Identifikasilah masalah serta potensi yang ada pada anda. Sehingga dengan demikian, anda akan lebih gampang dalam memutuskan hal apa saja yang akan anda tempuh untuk mencapai visi misi anda di tahun 2016 ini.

Nah, dalam menyusun dan membuat pilihan yang mengarah pada resolusi tahun baru yang sukses, berikut ini disajikan 5 tips resolusi keuangan yang mungkin bisa membantu anda.

1. Jangan Terpaku dengan Kata 'Harus'
Resolusi keuangan 2016
Kata 'harus' sebaiknya jangan membuat anda terpaku. Yang dimaksud 'harus' di sini adalah menolak ajakan teman yang dapat menghabiskan uang banyak, seperti jalan-jalan ke tempat yang tidak penting, makan di restoran mewah, dan segala macam aktivitas yang menghamburkan banyak dana.

2. Coba Dengarkan Opini Orang Lain
Jika anda memiliki kesempatan, cobalah untuk meluangkan waktu untuk bertanya dan berdiskusi tentang harapan dan hal-hal yang ingin Anda capai. Ini bisa Anda curahkan kepada orang-orang terdekat Anda untuk mendapatkan pendapat dan sudut pandang mereka tentang resolusi Anda. Selain itu, Anda juga harus dapat membayangkan serta memprediksi kegiatan dan strategi apa yang harus anda lakukan dalam mencapai kesuksesan di tahun depan.

3. Lebih Spesifik
Jika tahun lalu anda pernah menyusun dan memiliki resolusi, maka di tahun depan resolusi yang anda miliki harus lebih spesifik dan terukur. Anda perlu mengatur masalah finansial anda dengan garis waktu. Aplikasi pada smartphone bisa membantu anda untuk membuat resolusi keuangan yang lebih detail.

4. Bangun Wawasan Baru atau Ubah Perspektif Lama
Tujuannya adalah agar anda dapat belajar untuk melihat serta memahami situasi berbeda. Ketika anda mencoba belajar untuk mengubah perspekif lama ke yang baru, maka anda akan bisa melihat banyak peluang.

5. Jaga Isi Dompet Anda
Jika anda berencana untuk berinvestasi, maka pertimbangkan apa saja produk yang akan Anda investasikan. Bijaklah dalam mengalokasikan uang Anda serta buatlah resolusi keuangan yang akan mampu menjaga isi dompet Anda. Hal Ini merupakan sebuah proses berkelanjutan yang berdasarkan keinginan Anda untuk berkembang setiap hari.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait