Semangat Kerja Menurun, Atasi Dengan 5 Langkah Ini

Dalam melakoni pekerjaan, kita dituntut untuk tampil prima agar memberikan hasil yang maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan semangat serta fokus yang tajam. Terkadang dalam momen - momen tertentu, kita kehilangan semangat dan motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga kinerja menjadi menurun. Untuk itu, diperlukan kiat-kiat tertentu agar semangat dan motivasi kerja kembali bergairah. Bagaimanakah caranya membangkitkan semangat kerja yang tengah menurun? Inilah lima cara yang bisa anda terapkan.

1. Ingat Kembali Tujuan dan Hal yang Membuat Anda Termotivasi
simbol semangat kerja
Rasa capek dan penat kerap kali mengganggu semangat kerja seseorang. Terkadang kebosanan melakukan rutinitas juga dapat mematahkan motivasi anda. Untuk mendapatkan kembali semangat kerja tersebut, anda bisa mengisi ulangnya dengan mengingat kembali hal-hal yang memotivasi anda, misalnya target dan tujuan anda bekerja, keluarga, dan rencana masa depan anda. Cara ini biasanya cukup ampuh memompa kembali kinerja anda yang telah meredup.

2. Lakukan Rehat Sejenak
Jika pikiran dan otot sudah tidak bisa fokus lagi dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan anda, maka jangan dipaksakan karena dapat membuat kualitas hasil kerja anda menjadi buruk. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan rehat atau istirahat sejenak sekitar 10 menit untuk merelaksasi otak dan otot anda. Saat rehat tersebut, anda bisa melakukan stretching atau ke luar ruangan untuk melihat situasi luar kantor.

3. Jalin Keakraban Dengan Rekan Kerja
Suasana kerja yang penuh keakraban dan kekeluargaan akan dapat membuat semangat dan motivasi kerja tetap terjaga. Oleh karena itu, jagalah komunikasi dan hubungan akrab dengan rekan-rekan kerja sehingga anda akan merasa waktu 8 jam kerja tersebut tak terasa berlalu.

4. Bangun Semangat dengan Menggali Inspirasi Baru
Minum secangkir kopi bersama teman-teman di pagi hari dengan beberapa topik obrolan ringan dapat menjadi cara untuk memunculkan inspirasi baru yang biasanya juga dapat menambah semangat kerja anda. Bahkan merayakan momen kecil di kantor juga bisa membuat motivasi kembali bergairah.

5. Cari Hal Positif Di Luar Pekerjaan
Hidup yang seimbang antara kepentingan pekerjaan dan di luar pekerjaan merupakan penyemangat anda bekerja. Jika anda merasa lelah, cobalah untuk meluangkan waktu setelah jam kantor untuk melakukan hobi yang anda senangi. Kegiatan positif itu dapat mengalihkan tingkat stress yang sering menjadi pemicu turunnya motivasi kerja.  

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait