Mengenal Karakter Seseorang Berdasarkan Warna Rumahnya

Anda mungkin setuju jika warna dapat menggambarkan perasaan seseorang. Dalam berbagai hal, warna bisa mengungkapkan tentang sesuatu, khususnya mengenai rasa. Seperti yang pernah dikatakan oleh seorang pelukis ternama asal Amerika Serikat, George O’Keeffe, bahwa "I found I could say things with color and shapes that i couldn’t say any other way-things i had no words for", yang maknanya apapun dapat diungkapkan dengan warna, tanpa harus diucapkan secara lisan. Jadi intinya, kita mengetahui gambaran perasaan dan karakter seseorang dari warna yang ia pilih (sukai). Benda ataupun barang yang sering bisa kita lihat untuk menebak karakter dan perasaan seseorang adalah pakaiannya. Orang yang feminim tentu senang dengan warna merah muda, sedangkan orang yang terlihat sangat biasanya memilih warna hitam. 

Nah selain busana, warna tembok dan atap rumah secara keseluruhan juga bisa menjadi tanda pengenal untuk mengetahui karakter dan mood si empunya rumah. Seperti apakah gambarannya? Berikut sekilas deskripsinya.

1. Merah
Rumah warna warni
Di China, merah adalah warna keberuntungan. Warna ini mempunyai kekuatan dan daya tarik serta energi yang bisa membangkitkan dan meningkatkan adrenalin (hormon yang keluar saat kita tegang). Warna merah ternyata juga bisa membangkitkan perasaan kegembiraan dan kesenangan. Warna merah biasanya sering diaplikasikan pada dinding ruang tamu atau ruang makan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan dan menimbulkan rasa kedekatan dalam percakapan. Tak sedikit pula yang mengaplikasikannya sebagai warna pintu masuk. Warna merah pada pintu masuk dapat menimbulkan kesan pertama yang kuat. Di beberapa negara, warna merah yang berpadu warna lampu redup sering diterapkan pada dinding kamar tidur untuk memberi kesan romantisme dan gairah cinta. Jadi secara singkat dapat kita gambarkan bahwa warna merah memberikan kesan dan karakter yang kuat, berani, hangat dan juga romantis.

2. Kuning
Anda yang mencat rumah anda dengan warna kuning merupakan sosok yang ingin memberikan kesan kegembiraan, keceriaan, dan suka cita. Ada baiknya warna kuning digunakan pada dinding dapur dan ruangan - ruangan kecil di rumah, karena selain mampu memunculkan rasa dan kesan keceriaan, warna kuning juga memberikan ilusi dan kesan yang luas dan hangat dalam penyambutan. Begitu baiknya warna kuning ini terhadap rasa suka cita tersebut, namun ada satu catatan yang perlu anda perhatikan untuk warna kuning ini, yakni meskipun mampu mengarahkan anda ke hal-hal keceriaan, warna kuning ternyata disarankan untuk tidak dijadikan sebagai warna utama atau warna dominan dalam rumah. Mengapa begitu? Berdasarkan hasil sebuah studi, warna kuning yang diaplikasikan pada rumah sering membuat orang-orang penghuninya menjadi lebih cenderung kehilangan kesabaran. Bahkan, bayi - bayi secara umum kerap menangis ketika ia berada di ruangan yang berwarna kuning. Jadi, anda harus lebih berhati-hati dalam penggunaan warna kuning secara dominan, karena ujung-ujungnya bisa memunculkan perasaan frustasi dan kemarahan.

3. Warna Netral
Warna - warna seperti: hitam, abu-abu, putih, dan coklat adalah warna netral yang merupakan warna dasar. Warna tersebut memiliki fleksibilitas tinggi karena dapat dipadupadankan dengan warna lain. Sang pemilik rumah yang cenderung hanya memakai unsur warna ini pada dinding dan ruangan rumahnya adalah orang yang ingin menunjukkan sisi kesederhanaan (simple). Walaupun warna- warna tersebut memiliki unsur sederhana, namun ternyata juga dapat menimbulkan kesan dan rasa tenang, apalagi jika anda memapadukannya dengan sedikit goresan warna cerah seperti kuning. Nah, khusus untuk warna hitam, banyak ahli dekorasi interior yang memberi saran untuk menggunakan sedikit aksen hitam pada warna dinding Anda, agar bisa menciptakan kesan yang mendalam.

4. Biru
Warna biru ternyata dapat menghadirkan serta memberikan kesan tenang, rileks dan santai. Oleh karena itu, jika anda melihat rumah yang identik berwarna biru, biasanya sang pemilik rumah memiliki sifat atau karakter yang santai dan berkepribadian yang lebih hangat. Namun tidak semua warna biru bermakna demikian. Oleh karena itu, anda perlu memilih satu dari beberapa jenis warna biru yang memberikan kesan santai dan tenang, diantaranya adalah biru terang, biru langit, periwinkle (biru keunguan), dan pirus (biru laut). Penggunaan aksen warna biru sebaiknya diterapkan untuk dinding ruang keluarga, ruang penerimaan tamu, atau pada dinding dapur yang berukuran besar / luas. Nah, tiap warna juga memiliki sisi plus dan minusnya. Meskipun warna biru dapat membangkitkan kesan santai dan tenang, namun pengaplikasian warna biru yang tidak tepat juga bisa menimbulkan efek sebaliknya, seperti menimbulkan perasaan sedih dan murung. Aura kesedihan dan kegelisahan tersebut dapat terlihat jika anda memakai biru dengan sedikit warna gelap dalam skema warna utama Anda.

5. Hijau
Warna hijau merupakan warna perpaduan antara biru yang hangat dan warna kuning yang ceria. Banyak orang yang merasakan bahwa warna hijau dianggap sebagai warna yang mampu meneduhkan mata dan menenteramkan rasa. Mereka yang memilih warna hijau untuk rumahnya biasanya ingin menunjukkan sisi kenyamanan dan kebersamaan. Jika anda mengaplikasikan warna hijau sebagai warna utama rumah atau ruangan anda yang dipadukan dengan sedikit kombinasi warna lain, maka akan dapat memunculkan kesan tenang serta dapat mengurangi atau mencegah timbulnya stress. Warna ini ternyata cocok digunakan pada kamar pengantin untuk pasangan baru menikah, karena mampu menimbulkan gairah cinta agar segera mempunyai momongan.

6. Ungu
Cobalah anda jalan-jalan di seputaran tempat tinggal anda, adakah rumah yang dicat dengan warna ungu Jika ternyata Anda menjumpai sebuah rumah dengan warna dinding ungu, maka bisa jadi si pemilik rumah sedang merasakan dan menikmati kemakmuran serta kemewahan. Warna ini rupanya bisa menimbulkan kesan dan aura mewah dengan sedikit sentuhan cita rasa kreativitas dan artistik. Artinya si pemilik rumah tengah menunjukkan keglamorannya. Nah, jika anda memiliki kebiasaan sudah tidur atau tidur tidak pulas, maka warna ini cocok sekali jika diterapkan pada dinding kamar tidur Anda. Dengan menggunakan aksen warna ungu terang seperti lavender dan lilac, maka pengaruhnya tidur Anda akan lebih nyenyak.

7. Oranye
Sama seperti warna kuning, warna oranye juga mampu menumbuhkan kesan kegembiraan dan keceriaan. Pemilik rumah yang mencat warna oranye pada dinding ruangannya memiliki karakter yang penuh optimisme dan ingin menunjukkan energi positif pada diri yang bersifat antusiasme tinggi. Oleh karena itu, fungsi warna oranye tersebut sering dan cocok dipakai untuk dinding ruang gym atau yoga, karena warna ini bisa melepaskan rasa penat terhadap rutinitas sehari-hari. Selain itu, warna oranye juga mensuport proses terapi penyembuhan masalah paru-paru.

8. Krimson/Merah Delima
Warna krimson atau merah delima ternyata dapat memunculkan pengaruh negatif bagi siapa pun yang melihatnya, misalnya mudah tersinggung, cepat marah, dan rasa ketidaksabaran yang menggebu-gebu. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari pemakaian warna ini sebagai warna dominan pada ruang utama anda, karena dapat cepat menimbulkan perselisihan dan ketidakharmonisan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait