Masih Ragu Beli Hape via Online? Ini Tips Sederhananya

Selain produk fashion, salah satu barang yang paling banyak dibeli konsumen di Indonesia secara online adalah handphone. Selain lebih praktis, alasan kuat yang membuat mereka memutuskan untuk membeli smartphone via online adalah karena tidak tersedianya tipe ponsel yang mereka inginkan di daerah tempat tinggalnya. Karena biasanya para reseller dan pemilik toko hp yang berada di daerah hanya mau menyediakan stock ponsel yang memang terbukti paling laris terjual, seperti merek Samsung dan ponsel lokal (aka Hp China), dan itu pun tidak semua tipe bisa mereka sediakan. Para reseller dan pemilik counter takut stock produknya menumpuk tak laku terjual, sementara tren dan harga ponsel sangat cepat sekali berubah. Hampir dipastikan tiap bulan akan selalu muncul seri - seri ponsel terbaru dari berbagai vendor hape.

Bagi anda yang tinggal di kawasan kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Denpasar, tentu bukan hal yang sulit untuk mencari dan memilih tipe ponsel yang anda idam-idamkan, karena biasanya setiap produsen atau reseller telah mendirikan kantor cabang untuk mendistribusikan produk - produk gadgetnya. Sementara bagi mereka yang tinggal jauh dari kawasan kota kabupaten, tentu harus menghadapi sedikit pilihan dalam memilih handphone yang fiturnya sesuai keinginannya. Untuk memperoleh tipe ponsel yang diinginkan, ada 2 opsi yang bisa ditempuh, yakni berangkat ke pusat kota untuk menyusuri toko-toko hp, atau membeli hp secara online.

Belanja hape online
Namun, banyak orang masih berpikir dua kali untuk belanja via online, apalagi membeli produk ponsel yang harganya jutaan rupiah. Setidaknya ada 2 ketakutan yang membayangi calon pembeli, yaitu takut ditipu (uang dikirim tapi barang tak datang) dan takut jika barang yang diterima tidak sesuai dengan harapan (pesanan). Mungkinkah anda termasuk orang yang memiliki perasaan demikian?

Belanja via online memang memiliki kekurangan tersendiri, dimana sebagai pembeli tidak bisa bertatapan langsung dengan sang penjual. Sehingga sang pembeli kurang mendapat jaminan dan kepercayaan apakah produk yang dipesan tersebut sesuai dengan apa yang diinginkan. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk membeli suatu barang, khususnya produk smartphone lewat media online, pastikan anda telah memahami seluk beluk belanja online. Berikut disajikan tips membeli ponsel secara online.

Pilihlah Toko Online (Marketplace) Terpercaya dan Reputasi Baik
Ketika anda membeli sebuah ponsel secara online, itu sama artinya anda sedang mempertaruhkan uang anda, karena anda harus mentransfer uang terlebih dulu lalu menunggu kiriman paket ponsel tersebut. Di dunia maya ada ratusan toko online yang menawarkan produk handphone dengan harga murah. Sebagian dari toko online tersebut ada yang bagus, ada pula yang memiliki kinerja buruk (kurang dipercaya). Oleh karena itu, daripada anda harus mempertaruhkan uang anda hanya karena tergoda dengan diskon murah, maka lebih baik membeli hp pada toko online yang tergabung dalam Marketplace terpercaya, seperti Tokopedia, Blibli, Matahari Mall, Buka Lapak, Lazada, dan market place sejenis yang sering muncul di televisi. Market place tersebut merupakan jembatan penghubung antara konsumen dan toko online. Sebagai konsumen, anda akan mentransfer uang ke rekening perusahaan market place tersebut, bukan ke rekening pemilik toko online. Dengan sistem pembayaran satu pintu ini, konsumen akan terlindungi dari penipuan oleh pemilik toko online, karena perusahaan market place tersebut akan mentransfer uang anda ke rekening toko online ketika ponsel yang anda beli telah sampai ke tangan anda sesuai pesanan. Jika produk handphone yang anda terima ternyata rusak, cacat, atau tidak sesuai pesanan, maka anda bisa melakukan komplain dan membatalkan pesanan agar uang dikembalikan kepada anda.

Sedapat Mungkin Hindari Belanja Online di Media Sosial
Banyak orang yang masih sering menafsirkan bahwa belanja online dapat dilakukan lewat media sosial, seperti facebook dan twitter. Memang kita sering menjumpai beberapa orang yang memanfaatkan facebook untuk berdagang secara online, misalnya jualan baju dan produk kecantikan. Padahal sejatinya, akun media sosial berfungsi sebagai tempat mencari pertemanan dan jaringan persahabatan. Sebenarnya sah-sah saja jika anda membeli sebuah produk yang dijual orang melalui akun facebooknya. Namun, membeli produk lewat akun media sosial memiliki potensi rawan penipuan yang lebih besar. Banyak orang yang tertipu membeli ponsel yang ditawarkan lewat akun media sosial. Uang dikirim tapi barang tak kunjung datang, atau produk yang diterima adalah hape super copy (luarnya sama, tapi dalamnya palsu). Tentu anda tidak ingin bukan.., bila mempertaruhkan uang jutaan rupiah anda untuk produk handphone yang tak bergaransi. Jadi, sekali lagi jangan membeli hape yang ditawarkan via media sosial.

Jika Wilayah Anda Tercover, Pilihlah Toko Online yang Menyediakan Fasilitas COD
Untuk menarik calon pembeli, banyak toko online dan penyedia market place yang memberikan fasilitas layanan COD (Cash on Delivery) atau bayar di tempat. Hal ini tentu menjadi cara belanja yang paling aman bagi konsumen. Bukalah beberapa situs toko online tempat anda akan membeli hape, kemudian bandingkan dan cek apakah mereka menyediakan layanan COD, dan apakah alamat anda sudah termasuk dalam cakupan layanan COD toko online tersebut. Jika ya, anda patut bersyukur. Tapi biasanya saat ini layanan COD hanya terbatas untuk kawasan perkotaan saja.

Tunggu dan Manfaatkan Flash Sale
Jika anda ingin mendapatkan produk smartphone dengan harga yang lebih murah, maka anda harus bersabar menantikan momen-momen tertentu, seperti flash sale dan harbolnas (hari belanja online nasional), serta program atau pesta diskon yang diselenggarakan oleh perusahaan toko online. Oleh karena itu, sering seringlah mengunjungi situs-situs toko online untuk mendapatkan informasi promo ponsel terbaru. Jika moment promo tak kunjung datang atau telah lewat waktu, dan anda tak memperoleh kupon diskon, sementara anda sudah 'ngebet banget' ingin membeli hape, maka langkah terbaiknya adalah memilih toko online yang menawarkan harga yang paling kompetitif. Mungkin anda sering melihat dalam sebuah market place yang sama, beberapa toko online menawarkan ponsel dengan harga yang berbeda-beda, bahkan selisih harganya mencapai 10-30%. Mengapa demikian? Mungkin penyebabnya adalah perbedaan spesifikasi HP (seperti RAM, memory internal, masa garansi) dan paket bundling (seperti bonus cassing, SIM card, speaker, kartu memory, dan sebagainya). Anda harus mencermati secara detail mengenai spesifikasi hape dan program bonus yang ditawarkan oleh masing-masing toko online.

Namun jika ternyata selisih harga ponsel tersebut bukan karena perbedaan spesifikasi dan paket bundling-nya, maka kemungkinan besar penyebabnya terletak pada masalah stok di masing-masing toko online. Seperti yang kita ketahui bahwa produk mobile gadget, seperti smartphone, tablet, dan smartwatch merupakan produk elektronik yang cepat sekali mengalami penurunan harga. Dalam 2 bulan saja, harga sebuah ponsel bisa turun 50.000 - 200.000 rupiah, apalagi jika telah muncul produk smartphone terbaru, maka sang vendor (produsen) akan langsung banting harga agar produk lamanya laku terjual. Pemilik toko online yang memiliki stok produk lama yang mendapatkannya dengan harga mahal tentu akan kesulitan menurunkan harga jualnya. Sedangkan toko online yang menerima produk hape dengan harga terkini, tentu dapat menjual dengan harga yang lebih kompetitif. Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, maka sebagai konsumen, anda pilih saja toko online yang menjual ponsel dengan harga termurah.

Harga murah, cashback, cicilan bunga 0% dan bonus lainnya bisa anda peroleh bila berbelanja menggunakan kartu kredit. Jika anda punya kartu kredit, manfaatkanlah untuk belanja online. Namun anda harus bijak, karena keasyikan menggunakan kartu kredit untuk belanja online dapat mengacaukan keuangan anda.

Masih Ragu Beli Handphone via Online? Coba Lakukan Tes Belanja
Apakah anda sudah menemukan toko online terpercaya tempat anda akan membeli hape? Apakah produk hape yang ingin anda beli tersebut dibandrol dengan harga yang kompetitif? Jika ya, yuk silakan belanja! Namun bila anda masih ragu dan takut, cobalah melakukan tes belanja online. Apa itu tes atau uji coba belanja online? Tes belanja online adalah melakukan pembelian sebuah produk murah pada suatu toko online. Belilah barang yang harganya tidak mahal, seperti memory card, cassing atau kondom hape. Hal ini akan memberikan pengalaman anda dalam belanja secara online, serta dapat mengetahui seperti apakah prosesnya. Bagi anda yang tinggal di daerah pedesaan yang alamat rumahnya belum terstruktur seperti di kota, anda akan dapat memastikan apakah produk yang anda pesan bisa sampai ke tangan anda dengan selamat atau terkendala oleh faktor tertentu sehingga pihak jasa pengiriman barang tidak bisa menjangkau alamat anda. Jika proses belanja online tersebut tidak sukses, anda tidak akan mengalami kerugian finansial yang banyak. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli hape yang harganya jutaan rupiah, ada baiknya lakukan tes belanja online tersebut untuk mendapatkan pengalaman dan menghilangkan keragu-raguan anda. Inilah tips sederhana yang dimaksudkan dalam artikel ini.

Pastikan Anda Bisa Mengaktifkan Ponsel Tersebut
Ketika anda membeli ponsel via online, maka produk yang anda terima adalah yang masih terbungkus dan tersegel secara resmi dari pabriknya. Itu artinya, setibanya di rumah, anda harus menghidupkan dan mengaktifkan ponsel tersebut sendiri. Hal ini tentu berbeda jika anda membeli langsung di toko hape, karena biasanya akan dibantu langsung oleh penjual, mulai dari memasang simcard, memasang baterai ponsel, memasang cassing, serta meregistrasi via internet untuk jenis hape tertentu. Jika ini adalah hal yang sulit untuk anda, maka anda bisa mempelajarinya di internet, membaca buku petunjuk, mempelajari lewat tutorial di Youtube, atau meminta bantuan pada teman yang berpengalaman. Jangan sampai anda melakukan kekeliruan yang membuat produk ponsel yang anda beli via online tersebut mengalami kecacatan. Demikianlah sekilas tips yang sebaiknya anda pertimbangkan saat membeli hape via internet.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait