Kumpulan Doa Mujarab untuk Pebisnis Muslim

Dalam beberapa hadits telah disebutkan tentang keutamaan doa bagi setiap muslim. Doa dianggap sebagai otaknya ibadah. Bagi orang mukmin, doa merupakan sebuah senjata paling ampuh yang mampu mengubah takdir seseorang. Oleh karena itu, dalam berbagai hal di kehidupan kita sehari-hari, kita dianjurkan untuk senantiasa memanjatkan doa, mulai dari bangun tidur, shalat, makan, bepergian, hingga akan tidur kembali. Doa tulus ikhlas merupakan nur suci yang akan memberi keberkahan, keselamatan, dan pahala bagi yang mengamalkannya. Di tengah kebimbangan dan gulita hati, panjatan doa merupakan suluh yang kelak memberi jalan kepastian. Itu sebabnya doa dan ikhtiar diwajibkan selalu didengungkan, termasuk juga ketika mencari nafkah dan penghidupan layak. Doa dan permintaan tersebut ditujukan semata-mata kepada Allah sebagai Maha Pemberi Rezeki yang memiliki seluruh kekayaan langit dan bumi. 

Selaku orang yang beriman, kita jangan merasa khawatir doa kita tidak dikabulkan, dan merasa seolah-olah pintu rezeki amat susah terbuka. Allah SWT telah berjanji di dalam firman-Nya surat Al-Mu'min ayat 60, “Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu.’ Dari ayat ini, Allah telah menjamin setiap doa yang kita panjatkan kepada-Nya akan dikabulkan, baik segera maupun ditunda dengan maksud tertentu yang hanya diketahui oleh Allah.

Doa bisnis lancar
Oleh karena itu, dalam menggeluti sebuah bidang bisnis, kekuatan doa, ikhtiar, dan rasa optimisme wajib kita pupuk agar senantiasa dibukakan pintu rezeki dan kemudahan selapang-lapangnya. Berikut ini adalah beberapa doa pilihan untuk para pebisnis yang beragama Islam.

Doa Ketika Hendak Merintis Sebuah Bisnis / Usaha 
Allaahummak finii bi halaalika 'an haraamik, wa aghninii bi fadhlika 'amman siwaak. Allaahumma innii a 'uudzubika minal hammi wal hazn wal kasli wal bukhli wa dhal' id daini wa ghalabatir rijaal.
Artinya:
"Ya Allah, cukupkanlah diriku dengan yang halal dari sisi-Mu. Cukupkanlah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak butuh lagi kepada siapa pun selain Engkau. Ya Allah, aku berlindung kepada Mu dari penderitaan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, kikir, dan dari lilitan utang serta kekangan dari banyak orang." (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Hakim)

Pada dasarnya, doa di atas diajarkan oleh Rasulullah agar kita diberi panduan untuk melunasi utang-utang yang menumpuk. Untaian doa ini sangat cocok untuk dibaca ketika kita hendak memulai sebuah usaha atau bisnis. Sebab,  dengan doa tersebut kita memohon kecukupan kebutuhan kita dengan karunia Allah SWT yang halal. Disarankan untuk membaca doa tersebut setiap selesai shalat wajib, selesai shalat Dhuha, atau pada saat-saat mustajabah,  seperti pada sepertiga malam, saat khatib Jum'at duduk di antara dua khutbah, antara adzan dan iqamat, dan sebagainya.

Doa Memohon agar Mendapat Petunjuk dalam Menentukan Bisnis yang Tepat 
Ya khaira mad' uwwin, wa yaa khaira mas-uulin, wa yaa ausa' a man a' thaa, wa yaa khairaa murtajaa, urzuqnii wa ausi' 'alayya min rizqika, wa sabbib lii rizqan min qibalik, innaka 'alaa kullii syai-in qadiir.  
Artinya:
"Wahai sebaik-baik Yang Diseru, wahai sebaik-baik Yang Diminta, wahai Yang paling luas dalam memberi, wahai sebaik-  baik Yang Diharapkan, berilah aku rezeki dan lapangkanlah rezeki-Mu kepadaku, dan berilah aku jalan untuk mendapatkan rezeki (bisnis yang jaya)  dari sisi-Mu. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu."

Jika anda masih bimbang dan ragu, serta menginginkan petunjuk dari Allah SWT dalam menentukan bidang bisnis yang tepat, bacalah doa tersebut setelah shalat Tahijud atau setelah shalat Istikharah, dengan khusyuk dan fokus pada keinginan kita. InsyaAllah cepat terkabul.

Doa Hendak Pergi Berbisnis
Bismillaahi tawakkaltu 'alallaahi laa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'azhiim. 
Artinya:
"Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan izin Allah.  

Doa ini diucapkan ketika anda akan keluar rumah atau ketika hendak pergi berbisnis. Dengan mengucapkan doa ini, insyaAllah kita akan mendapat perlindungan dari Allah SWT dalam melakukan aktivitas usaha atau bisnis yang akan dilakukan. Sebab, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa orang yang membaca doa tersebut setiap keluar rumah akan diberikan hidayah, kecukupan, dan perlindungan, serta dijaga dari gangguan setan. 
(HR. Tirmidzi dalam Sunannya no. 3348 dan Abu Dawud dalam Sunannya no. 4431). 

Doa Ketika Mengawali Bisnis agar Berkah, Lancar, dan Jaya 
Allaahumma innii as-alukats tsabaata fil amri, wal 'aziimata 'alar rusydi, wa as-aluka syukra ni' matik, wa as-aluka husna 'ibaadatik, wa as-aluka qalban saliiman, wa as-aluka lisaanan shaadiqa, wa as-aluka min khairi maa ta' lam, wa astaghfiruka lima ta' lamu innaka anta 'allaamul ghuyuub. 
Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ketegaran dalam menghadapi permasalahan dan memohon agar Engkau berkenan memberikan petunjuk. Aku memohon kepada-Mu agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu. Aku memohon kepada-Mu agar giat beribadah kepada-Mu. Aku memohon kepada-Mu hati yang bersih dan lisan yang jujur. Aku memohon kepada-Mu kebaikan yang Engkau ketahui dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang Engkau ketahui. Aku juga memohon kepada Mu curahan ampunan dari segala dosa yang Engkau ketahui, karena hanya Engkaulah yang Maha Mengetahui segala yang gaib."
(HR. Tirmidzi, Nasa'i, dan Ahmad)  

Apa pun bidang bisnis yang kita geluti, tentu akan banyak menghadapi beragam permasalahan dan hambatan, apalagi saat baru mengawali atau merintis sebuah bisnis baru. Oleh karena itu, diperlukan keuletan, ketegaran dan ketekunan agar dapat mengembangkannya menjadi maju dan jaya. 

Doa dan Dzikir Mustajabah agar Bisnis Berkah, Maju, dan Sukses 
Allaahumma maalikal mulki tu'til mulka man tasyaa-u wa tanzi' ul mulka mim man tasyaa-u wa tu' izzu man tasyaa-u wa tudzillu man tasyaa-u bi yadikal khairu innaka 'alaa kulli sya-in qadiir. Tuulijul laila fin nahaari wa tuulijun nahaara fil laili wa tukhrijul hayya minal mayyiti wa tukhriju mayyita minal hayyi wa tarzuqu man taysaa-u bi ghairi hisaab.
Artinya:
"Ya Allah yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinasakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)".
(QS. Ali Imran: 26-27)  

Dalam ayat ini disebutkan nama-nama Allah SWT yang paling agung (AI-lsmul A'zham). Jika kita berdoa kepada Allah SWT dengan nama-nama-Nya tersebut, maka insya Allah doa kita akan dikabulkan. Bacalah doa ayat tersebut setiap kita mempunyai keinginan serta kebutuhan yang ingin dipenuhi. Lalu setelahnya, ucapkan keinginan dan harapan kita dengan bahasa kita sendiri.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait