Investasi Paling Berpeluang Menguntungkan 2016-2017

Apa jenis investasi yang diprediksi paling menguntungkan pada tahun 2016 dan tahun 2017 ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, hal yang perlu kita perhatikan adalah kondisi perekonomi global dan juga nasional. Pada artikel ini akan diuraikan invetasi menguntungkan tahun 2016 dan selanjutnya di bagian bawah juga akan diuraikan investasi bagus tahun 2017. Secara umum investasi individu yang paling bagus adalah investasi emas, properti, dan saham jangka pendek - menengah. Apa alasannya? Untuk menentukan pilihan investasi yang paling bagus pada suatu periode, salah satu faktor yang harus dicermati adalah situasi dan kondisi nasional dan global.

Nah, seperti yang dijelaskan oleh Senior Perencanaan Keuangan Aidil Akbar Madjid dalam Bisnis.com, bahwa ketika menjelang pergantian tahun 2015 ke 2016, The Fed telah mengumumkan kenaikan suku bunga, sehingga hal ini mempengaruhi strategi para investor. Dan tentunya, hal itu juga berdampak pada nilai tukar rupiah terhadap dolar. Aidil tetap merasa yakin dan optimis bahwa perekonomian akan lebih baik di tahun 2016 dari tahun sebelumnya.

Investasi 2016
Menurut beliau, di tahun 2016, para stakeholder dan pengambil kebijakan perlu mewaspadai beberapa hal yang memberi pengaruh terhadap situasi ekonomi. Keputusan menaikan suku bunga oleh The Fed dapat membuat banyak investor membawa uangnya (dolar) kembali ke Amerika. Jika ini terjadi, Bank Indonesia harus tanggap serta bergerak cepat mengantisipasi keluarnya dana asing dari Indonesia. Selain itu, masalah inflasi bahan makanan yang diprediksi masih terjadi di tahun 2016 juga perlu diwaspadai.

Di sektor investasi pasar keuangan, Aidil memperkirakan bahwa kedepannya, bursa memiliki potensi naik, dimana di akhir tahun 2016 IHSG diprediksi naik pada kisaran 5600-6200. Karena itu, berinvestasi di bursa saham dan reksadana berpotensi menguntungkan.

Harga properti di tahun ini yang kondisinya cenderung stagnan dan turun merupakan sebuah peluang bagus untuk berinvestasi. Karena ketika kondisi ekonomi Indonesia telah semakin membaik, maka akan meningkatkan daya beli masyarakat, termasuk kemampuan dalam membeli properti (rumah dan tanah). Menurutnya, investasi properti tahun depan yang paling bagus adalah rumah tapak dan apartemen dengan harga di bawah Rp1 miliar.

Investasi emas juga salah satu bisnis investasi yang cukup menguntungkan di tahun 2016. Hal ini dilatarbelakangi oleh prediksi penguatan mata uang dolar akibat keputusan kenaikan The Fed. Dolar yang menguat akan membuat harga emas turun, sehingga hal itu menjadi momen bagus untuk membeli emas.

Jadi, kesimpulannya pilihan investasi yang paling menguntungkan pada tahun 2016 adalah: emas, properti, dan saham (reksadana).

Mengintip Invetasi Menguntungkan 2017

Apa sajakah jenis dan produk invetasi di tahun 2017 ini? Perjalanan dari tahun 2016 ke 2017 tampaknya dijauh berbeda, dan tidak dinamika yang mencolok yang sangat mempengaruhi ekonomi dunia dan nasional. Oleh karena itu, sektor investasi yang prospektif di tahun 2017 hampir mirip dengan tahun sebelumnyas.

1. Invetasi Properti dan Real Estate
Investasi bisnis di bidang real estate atau properti seperti tanah memang sangat menjanjikan. Sebab, kecenderungannya setiap tahun harga tanah dan rumah tidak pernah mengalami penurunan, bahkan senantiasa mengalami peningkatan harga yang signifikan terutama di kawasan yang sedang berkembang. Untuk menggeluti bidang investasi ini, memerlukan modal yang besar. Besaran modal awalnya tergantung pada lokasi, luas lokasi, jumlah dan tipe rumah yang akan dibangun, serta akomodasi lainnya. Ini adalah investasi propektif untuk jangka panjang

2. Investasi Emas
Tidak hanya investor profesional dan berpengalaman saja yang menyasar produk investasi di sektor emas. Para pemula pun yang baru belajar bisnis, sangat menggemari invetasi emas, seperti emas batangan, pohon emas, emas syariah, dan sejenisnya.

Besarnya peluang keuntungan pada bisnis emas tergantung dari dinamika harga pasaran untuk emas murni yang seringkali mengalami pelonjakan. Investasi emas di tahun 2017 bagi beberapa pakar ekonomi diprediksi cukup menggiurkan, apalagi di tengah kondisi ekonomi dan politik Amerika Serikat yang masih tak menentu dengan beragam kebijakan presidennya yang baru. Ketika sektor bisnis finansial kacau, maka para investor akan lari dan beralih mengamankan modalnya pada investasi emas. Hal ini kerap membuat harga emas makin melonjak.

3. Saham dan Reksa Dana
Berinvestasi reksa dana terbilang mudah dan praktis, apalagi di sokong dengan kemajuan teknologi mobile banking yang membuat aktivitas transaksi makin efesien. Untuk terjun ke bisnis reksa dana, anda tidak terlalu memerlukan modal besar, seperti bisnis properti. Bahkan nominalnya pun bisa mulai dari Rp 100 ribu. Jenis reksa dananya pun beragam, mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, dan lain sebagainya.  Cukup cari satu atau dua produk reksa dana yang sesuai dengan minat dan bidang keahlian anda. Selanjutnya adalah menentukan manager investasinya. Jangan lupa baca prospektusnya, kalau tertarik beli, silakan transfer dananya. Cara belinya juga gampang bisa lewat manager investasi atau beli langsung di bank-bank yang ditunjuk.

Untuk membuat atau membuka rekening reksa dana ternyata tak jauh beda dengan membuka rekening di bank. Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran, menyertakan identitas diri, dan pastinya menyiapkan dana yang hendak diinvestasikan. Satuan reksa dana dihitung berdasarkan unit penyertaan (UP) dan nilai aktiva bersih (NAB). Untuk menghitung sistem kinerja bisnisnya, anda bisa lohat contoh sederhana berikut ini.

Misalnya harga reksa dana untuk produk A harga NAB Rp 1.500, maka jika Anda membeli 1.000 UP memerlukan modal awal sekitar Rp 1,5 juta. Setelah setahun berjalan ternyata NAB menjadi Rp 2.000 maka Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 500 ribu. Sebaliknya jika di akhir tahun NAB menjadi Rp 1.300, maka anda rugi sebesar 200 ribu rupiah.

Nah, demikianlah sekilas informasi mengenai aneka jenis investasi terbaik dan prospektif di tahun 2016 dan 2017 ini. Selamat berinvetasi...

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait