Inilah Empat Manfaat Hujan untuk Kesehatan Tubuh

Ketika hujan turun, orang akan bergegas mencari tempat berteduh. Selain takut basah kuyup, hal yang mereka cemaskan ketika kehujanan adalah takut akan terserang penyakit, seperti flu, pilek, dan juga masuk angin. Namun jika tubuh Anda sedang dalam keadaan prima, hujan sebenarnya dapat memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Apa sajakah manfaat ketika kita kehujanan? Berikut sekilas uraiannya.

1. Hujan Dapat Membuat Mental Makin Sehat
Hujan turun lagi
Hujan yang turun adalah air yang mengalir dari atas. Air yang mengalir umumnya mengandung ion negatif yang bisa memberikan dampak positif bagi tubuh kita. Ketika ion negatif tersebut masuk meresap ke dalam aliran darah atau mengelilingi tubuh kita, maka tubuh akan bereaksi dan terjadi hasil reaksi biokimia yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat stres, mencegah terjadinya depresi, dan juga membuat energi dan semangat hidup semakin meningkat. Jika Anda pernah menonton film - film Kung fu, mungkin anda pernah melihat adegan para ksatria melakukan latihan menjernihkan pikiran dengan cara meditasi di bawah guyuran air terjun. Tujuannya adalah mempercepat ketenangan pikiran karena air terjun juga merupakan air yang mengalir yang mengandung ion negatif sama seperti hujan.

2. Kehujanan Ternyata Dapat Membuat Tulang Kita Makin Kuat
Selain bermanfaat untuk meningkatkan mental kita, ion negatif yang terdapat pada hujan juga bagus untuk tulang, karena ion negatif tersebut dapat menetralkan keasaman atau mengalkalisasi tubuh yang tercemar radikal - radikal berbahaya. Hancurnya radikal bebas tersebut dapat menjaga kita dari ancaman potensi penuaan dini. Oleh karena itu, jika saat Anda naik sepeda motor dan sedang terburu - buru terus kehujanan, lanjutkan saja perjalanan anda. Jangan lagi takut kehujanan, karena bisa membantu Anda lebih awet muda.

3. Hujan Ternyata Baik untuk Kesehatan Kulit
Bagi Anda yang tinggal di kawasan pedesaan dengan tingkat polusi udara masih rendah, ternyata air hujan dapat memberikan efek baik untuk kulit Anda. Air hujan yang jatuh di kawasan pedesaan maupun pegunungan yang masih rendah tingkat pencemaran udaranya, merupakan soft water atau air lunak yang paling murni yang memiliki daya membersihkan kotoran pada kulit lebih kuat daripada air biasa. Jadi, jika Anda berada di daerah tersebut, silahkan sewaktu-waktu menggunakan air hujan untuk mandi kemudian membasuh tubuh Anda dengan air hangat.

4. Air Hujan Dapat Menciptakan Suasana Sejuk dan Segar
Cuaca panas, kabut asap, dan polusi udara dari kendaraan bermotor yang mengotori lingkungan Anda akan menjadi berkurang dan kembali netral setelah air hujan jatuh. Secara tidak langsung, hal ini dapat menyegarkan pikiran Anda, menyegarkan udara dan pernapasan Anda, serta juga membawa keceriaan bagi makhluk hidup lainnya yang tengah membutuhkan hujan, diantaranya adalah pohonan dan bunga - bunga di taman. Kesegaran mereka juga akan menghasilkan oksigen yang lebih fresh untuk manusia dan makhluk hidup lainnnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait