6 Kesalahan Ini Bikin Ruangan Sempit Makin Sesak

Apakah rumah anda termasuk tipe rumah berukuran kecil seperti rumah tipe 36 atau 42? Jika ya, tentu anda harus berpikir keras untuk mendekorasi rumah dan ruangannya yang sempit agar terlihat lega dan lapang. Ketidak hati-hatian anda dalam mendesain ruang rumah atau apartemen dapat membuat ruangan yang sempit menjadi tambah sesak. Misalnya anda mencat seluruh ruangan dengan warna putih, sehingga membuat perabotan yang ada dalam ruangan sempit tersebut terlihat berantakan. Nah, selain hal itu, ada beberapa kesalahan yang mungkin anda lakukan sehingga membuat ruangan menjadi tambah sesak. Apa sajakah kekeliruan yang harus dihindari dalam mengatur penataan barang dan dekorasinya agar tidak terkesan sesak?

1. Memenuhi Ruangan dengan Banyak Perabotan
Rumah ruang sempit
Menaruh sebuah furniture dengan ukuran tinggi dan ramping dapat memberi kesan lebih luas. Apalagi jika langit-langit rumah anda cukup tinggi. Menempatkan sebuah lemari tinggi pada ruang tersebut dapat memberikan kesan pandangan jauh ke atas. Nah, pada ruangan sempit, jangan terlalu banyak menaruh perabotan rumah tangga, karena dapat memberikan kesan berantakan.

2. Terlalu Bermain Aman
Banyak orang yang tidak berani mempercantik ruangannya yang sempit karena takut akan membuat sesak. Sebenarnya anda bisa menambahkan sedikit dekorasi, misalnya hiasan dinding ataupun chusion yang berwarna agak mencolok pada sudut ruangan. Dekorasi semacam ini rupanya berfungsi untuk mengalihkan mata dari kesan sempit dan sesak.

3. Membiarkan Ruangan Tanpa Pembatas
Banyak orang yang mencoba mengatasi ruang sempit dengan cara membiarakan ruangan tanpa pembatas agar terlihat lebih luas. Hal ini memang ada benarnya, namun jika tidak mampu melakukan penataan, maka ruangan justru akan terlihat menjadi berantakan karena semua perabotan atau furnitur akan terlihat banyak. Untuk itu, anda bisa menyekat ruangan tersebut dengan rak buku menjulang tinggi yang dapat berfungsi ganda.

4. Kurang Memperhatikan Dinding dan Lantai
Jika ruangan kantor atau pun rumah anda terkesan sempit, cobalah untuk membuat lantainya mengkilap dan dindingnya agak terang bercahaya. Kondisi tersebut dapat membuat ilusi mata melihat luas. Selain itu, untuk urusan terali jendela, pilihlah jeruji dan bingkai terali yang minimalis dan berpola vertikal untuk memunculkan kesan luas dan ruangan tinggi. Sedangkan jeruji atau jendela yang berdesain komplek dapat membuat kesan ruangan semakin sesak.

5. Menghiasi Ruangan dengan Furniture Kecil
Seorang desain interior, Mona Hajj mengungkapkan bahwa pemilihan warna terang dengan tambahan dekorasi furnitur yang berukuran kecil ternyata justru membuat kesan sesak. Oleh karena itu, anda perlu mengaplikasikan aksesoris ruangan yang tepat untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

6. Tidak Melakukan Perencanaan Penataan yang Matang
Sebelum anda memulai untuk mendesain ruang sempit rumah anda, ada baiknya anda memikirkan dengan matang dan cermat. Anda harus benar-benar cermat memperkirakan setiap jengkal lahan agar berfungsi secara maksimal. Untuk memudahkan penataan, bagilah ruang geometris menjadi beberapa zona, terutama untuk area tidur, area santai, area bekerja, makan, dan sebagainya. Dengan cara ini anda dapat menentukan pilihan dekorasi yang tepat untuk ruangan sempit tersebut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait