5 Tips Berburu dan Membeli Barang Berdiskon

Menjelang penutupan tahun, berbagai pusat perbelanjaan senantiasa menghadirkan promo-promo menarik, diantaranya adalah pesta obral diskon untuk produk-produk tertentu. Jika di bulan Desember ini anda masuk ke pusat perbelanjaan, maka anda akan melihat di setiap sudut terpampang promo diskon mulai dari 10 persen hingga 90 persen. Tradisi obral diskon memang selalu diterapkan oleh para pemilik dan pengelola pusat perbelanjaan karena melihat kecenderungan peningkatan konsumsi dan kebiasaan berbelanja masyarakat, terutama menjelang Natal dan Tahun Baru.

Jika kita melihat sepintas, tawaran obral diskon tersebut memang terkesan fantastis dan menggiurkan. Bahkan bagi mereka yang 'sale holic' yang memegang prinsip "lebih baik menyesal setelah membeli dari pada menyesal karena tidak membeli", tentu obral diskon akhir tahun merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu.

Agar anda tidak terjebak dengan rayuan pesta diskon yang dapat menggerogoti keuangan anda, maka melakukan aktivitas belanja di pusat perbelanjaan yang tengah mengadakan program pesta diskon harus dilakukan dengan cerdas. Nah, berikut disajikan tips-tips bagaimana mengikuti program obral diskon tersebut.

1. Ketahui Harga Standar (Asli)
Salah satu trik yang dilakukan oleh pengelola pusat perbelanjaan (mall, supermarket, toko) dalam mengelabui pelanggannya adalah dengan memberikan diskon besar namun dengan harga jual yang tinggi. Misalnya sebuah kaos diberi label diskon 70 persen, namun harga jualnya dinaikan 60 persen, sehingga konsumen sebenarnya hanya memperoleh diskon 10 persen saja. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut, ketahui dulu berapa kira-kira harga aslinya. Cermati pula apakah sesuai harga yang dibandrol tersebut dengan kualitas produknya. Misalnya baju kualitas 2 diberi diskon 50% namun label harganya hampir sama dengan baju kualitas 1. Setelah dikalkulasikan, mungkin saja anda hanya akan mendapat sedikit potongan harga dari yang sebenarnya.

2. Bandingkan Harga Diskon di Tiap Toko
Jika anda ingin mendapatkan produk yang paling ekonomis (kualitas terbaik dengan harga termurah), maka anda wajib menyusuri tiap-tiap toko dan pusat perbelanjaan yang tengah mengadakan pesta diskon. Dari sana, anda akan dapat membandingkan mana yang paling menguntungkan untuk program belanja anda di akhir tahun.

3. Cermat dalam Hitung-hitungan
Untuk mendapatkan harga yang pasti, anda harus menghitung dengan cermat. Bawalah kalkulator, atau yang lebih praktisnya pakai aplikasi kalkulator yang terdapat pada ponsel anda. Satu hal yang juga perlu anda kenali dan cermati adalah aturan diskon. Mungkin anda pernah melihat sebuah produk yang diberi label diskon 50% + 30%. Biasanya angka 50% ditulis agak besar, sedang angka 30% ditulis lebih kecil. Nah label diskon tersebut tidak sama artinya dengan diskon 80%. Sebagai contoh, sebuah kaos dibandrol dengan harga 100.000 rupiah. Jika diskonnya 80%, maka jumlah potongan harganya sebesar 100.000 x 80% = Rp 80.000, artinya jumlah uang yang harus anda bayar di kasir adalah sebesar Rp 20.000. Sedangkan jika diberi label diskon 50%+30%, maka hitung-hitungannya menjadi : 100.000 x 50% = Rp 50.000. Setelah dikurangi diskon berarti kaos tersebut seharga (Rp100.000-Rp50.000 = Rp 50.000). Harga Rp 50.000 kemudian dikurangi lagi dengan diskon 30 persen, yakni menjadi: Rp 50.000 x 30 % = Rp 15.000. Total yang harus Anda bayar di kasir adalah Rp50.000-Rp15.000 = Rp 35.000. Berbeda bukan?

4. Perhatikan Update Tren Produk Terbaru
Dengan label besar, sebuah toko pakaian yang menjual produk fashion bermerek memajang diskon gede 70 persen. Dan hal ini sangat ampuh untuk menarik pehatian calon pembeli. Nah, jika anda termasuk tren setter yang mengikuti perkembangan mode, maka harus lebih cermat untuk memutuskan pembelian produk tersebut, karena bisa saja yang diobral adalah produk tahun lalu yang tak laku terjual. Namun jika anda tidak mempermasalahkan hal itu, maka tiada salahnya mengikuti program 'cuci gudang' tersebut agar bisa mendapatkan barang branded dengan harga murah.

5. Hati-hati Barang Reject
Barang reject adalah barang yang memiliki cacat atau kerusakan kecil atau kurang memenuhi standar, misalnya produk elektronik yang lecet tergores saat bongkar muat di gudang, atau produk fashion yang terkena noda kecil. Agar tidak rugi banyak, pemilik toko biasanya memberikan diskon untuk produk-produk yang cacat tersebut. Nah, ternyata banyak juga orang yang tidak merasa keberatan membeli barang reject, asalkan dengan harga murah. Namun jika anda ingin mendapatkan produk yang memang sesuai standar, maka anda harus jeli memperhatikan barang-barang yang diberi diskon tersebut. Karena banyak orang yang berpendapat lebih baik berburu diskon untuk produk last season daripada membeli barang reject.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait