5 Kekeliruan Penyebab Resolusi Anda Mengalami Kegagalan

Layaknya sebuah ungkapan "Hangat - hangat tahi ayam", banyak orang yang menggebu-gebu membuat dan menyusun daftar resolusi beserta strateginya di penghujung tahun untuk bekalnya menghadapi satu tahun ke depan. Tapi sayangnya, hanya sedikit orang yang bisa tetap konsisten fokus pada resolusi yang telah dibuat sebelumnya. Biasanya di kuartal tahun pertama, orang - orang mulai kehilangan semangat untuk mengejar apa yang menjadi harapannya, dan akhirnya resolusi yang telah ia putuskan pun dilupakan begitu saja. Dalam upaya mencapai target yang telah ditetapkan, anda harus fokus terhadap resolusi, apalagi jika yang menyangkut dengan finansial, harus lebih serius lagi. Disiplin finansial merupakan langkah awal untuk mencapai resolusi utama anda. Berikut ini disajikan beberapa kesalahan yang  mungkin sering menyebabkan resolusi finansial tahun baru tak pernah sukses.

Tidak Realistis
Banyak orang yang membuat resolusi yang agak impulsif dan terlalu muluk-muluk. Namun bukan berarti tidak boleh mengkhayal tinggi. Yang terpenting adalah berpikir realistis, serta berupaya untuk mencari jalan alternatif untuk mencapai resolusi anda. Misalnya saat ingin membeli rumah dan anda tidak memiliki yang cash yang cukup, maka boleh dilakukan dengan mencicil.

Tidak Meninjau serta Mengevaluasi Kemajuan Resolusi Anda dalam Periode Tertentu
Resolusi realisasi
Beri dan luangkan waktu Anda setidaknya 15 menit setiap minggu untuk mengecek kemajuan yang sudah bisa Anda capai sesuai dengan fokus resolusi Anda. Manfaatkan waktu tersebut untuk menentukan langkah - langkah baru dan strateginya, serta juga dipakai untuk membangkitkan semangat dan motivasi untuk bisa mencapai resolusi yang telah Anda susun.

Tidak Mau Meminta Saran dan Pendapat dari Orang Lain 
Beberapa orang mencari jalan keluar dari masalah keuangan yang mereka hadapi dengan cara mendiskusikan masalah tersebut dengan orang lain di sekitarnya. Dengan saling berbagi, maka dapat sedikit meringankan bebannya.

Tidak Membuat Pengingat Visual 
Pengingat visual, misalnya berupa kertas kecil yang ditempel pada pintu kulkas yang berisi daftar resolusi dan dihiasi dengan kata kata penyemangat, merupakan salah satu cara untuk tetap termotivasi. Jika Anda memiliki tujuan jangka panjang, seperti liburan keluar negeri ataupun resolusi berupa membeli kendaraan baru maka buatlah pengingat visual yang bisa Anda lihat tiap hari.

Merahasiakan Resolusi Anda
Ada baiknya anda tidak merahasiakan dan menyimpan rapat-rapat resolusi Anda. Mengapa? Karena tujuannya anda bisa saling berbagi dan orang-orang di sekitar anda bisa memberi support dan nasihat serta mengingatkan anda untuk fokus pada resolusi tersebut. Unggahlah resolusi anda di sosial media agar bisa mendapat respon dan komentar dari sahabat dan kerabat anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait