5 Jenis Makanan yang Menghambat Produktivitas Kerja

Makanan adalah sumber tenaga dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Kita sering mendengar beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat merangsang tubuh dan otak agar dapat bekerja lebih aktif dan produktif. Minuman kopi misalnya, dapat memacu hormon tubuh dan tingkat konsentrasi otak menjadi lebih baik. Namun, mengkonsumsi minuman ini harus dalam batas kadar yang aman, karena jika berlebihan dapat menjadi penyakit. Selain mengkonsumsi jenis makanan yang mampu memberikan suntikan energi, anda juga sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan yang efeknya dapat menurunkan kinerja dan produktivitas tubuh anda. Mengkonsumsi jenis makanan atau minuman berikut ini saat sedang beraktivitas (bekerja) ternyata dapat mempercepat datangnya rasa lesu dan malas bekerja.

Apa sajakah jenis makanan tersebut? Berikut adalah rangkumannya seperti yang dikutip dari Cheatseet.com:

1. Minuman Bersoda
Siang-siang di cuaca yang panas memang sangat enak mengkonsumsi minuman dingin yang bersoda, karena kita akan merasa lebih fresh. Namun jika dicermati, minuman yang mengandung soda ternyata tidak memberikan manfaat apa-apa karena tidak mengandung nutrisi. Sebaliknya, kandungan gula yang terdapat dalam minuman bersoda dapat memicu kadar gula sehingga lama kelamaan dapat menghambat produktivitas kerja dalam menyelesaikan tugas.

2. Permen
Di dalam sebutir permen terdapat banyak kandungan kalori, kecuali di beberapa jenis permen tertentu. Permen yang anda kunyah akan melepaskan bahan kimia tertentu di otot dan otak yang pada akhirnya Anda akan merasa sedikit kotor di dalam tubuh.

3. Makanan Beku
Mengkonsumsi makanan yang dibekukan saat menjelang dan saat pada jam kerja, juga dapat mengganggu produktivitas kerja. Hal ini karena makanan tersebut, seperti nugget dan sayuran sudah melewati proses pengawetan yang ternyata kurang baik untuk tubuh.

4. Makanan Cepat Saji (Fastfood)
Rasa yang enak, cepat dan praktis membuat banyak orang memilih makanan cepat saji saat sarapan. Namun, berdasarkan hasil banyak penelitian, fast food tidak bagus untuk kesehatan. Selain mengandung banyak kalori dan juga lemak, makanan tersebut juga terdiri dari sejumlah elemen dari makanan beku. Oleh karena itu, lebih baik berupaya mengurangi konsumsi makanan cepat saji agar kinerja dapat lebih produktif.

5. Gorengan
Jajanan gorengan, semisal lumpia dan tahu isi goreng juga tidak bersahabat dengan kesehatan dan produktivitas diri. Pasalnya panganan gorengan mengandung kalori yang tinggi, namun nilai gizinya tidak banyak. Apalagi kandungan minyaknya merupakan sumber kolesterol yang kelak bisa menyumbat saluran arteri Anda. Jika aliran darah tidak lancar, maka daya pikir akan menjadi lemah sehingga otak anda menjadi kurang produktif di tempat kerja.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait