4 Universitas Eropa Pencetak Lulusan Bergaji Tinggi

Bukan rahasia lagi bila negara - negara di Eropa memiliki sejumlah universitas bergengsi yang menghasilkan lulusan - lulusan terbaik yang sudah siap terjun ke dunia kerja. Dalam sebuah riset yang dilaporkan oleh situs benchmarking salary, ada 15 universitas terbaik di Eropa yang mencetak lulusan dengan gaji tinggi ketika mereka bekerja. Sekolah bisnis di Paris mendominasi peringkat ke tujuh terbaik, sementara sekolah bisnis di kota London berada pada peringkat enam terbaik.

Jika anda berencana akan kuliah di luar negeri, terutama di dataran Eropa, maka 4 universitas berikut ini bisa menjadi pertimbangan anda. Para lulusan dari universitas ini telah terbukti cepat diserap sebagai tenaga kerja di berbagai perusahaan skala internasional, sehingga memperoleh gaji ratusan juta rupiah tiap bulannya.

Apa sajakah empat lembaga pendidikan terbaik tersebut?

Ecole Polytechnique Universitas
Universitas Ecole Polytechnique
1. Ecole Polytechnique, Paris
Di negeri Menara Eiffel ini, perguruan tinggi Ecole Polytechnique merupakan salah satu sekolah tinggi terbaik di Prancis. Ecole Polytechnique yang terletak di wilayah Palaiseau Paris ini tiap tahunnya menghasilkan banyak lulusan terbaik, sehingga tak heran menjadi incaran berbagai perusahaan global. Para alumninya yang telah bekerja, rata-rata dibayar US$ 112 ribu atau sekitar Rp 153,7 juta per bulan.

2. London Business School, Inggris
Sekolah bisnis sekaligus merupakan perguruan tinggi konstituen dari University of London ini didirikan pada tahun 1964 berlokasi di pusat kota London. Dalam jurusan ekonomi, sekolah bisnis ini menyediakan beragam jurusan atau program akademik, diantaranya master bisnis administrasi, magister keuangan, dan juga magister manajemen. Setiap tahunnya, London Business School menghasilkan sekitar 1.800 lulusan, dan mereka selalu mudah memperoleh pekerjaan di banyak perusahaan besar. Rata-rata gaji yang diterima para lulusan yang telah masuk ke dunia kerja adalah sebesar US$ 99,6 ribu atau kurang lebih Rp 136,7 juta (untuk kurs dollar AS: Rp 13.730).

3. University of Cambridge, Inggris
Universitas ini dibangun pada tahun 1209 dan merupakan universitas tertua ke dua di Inggris setelah Universitas Oxford. Banyak prestasi yang telah diraih oleh lembaga pendidikan ini, termasuk para lulusannya. Setidaknya ada 61 alumni dari University of Cambridge yang telah berhasil mencatatkan namanya sebagai penerima hadiah Nobel. Saking bergengsinya perguruan tinggi ini, para lulusannya pun selalu dicari oleh para perusahaan besar untuk direkrut sebagai karyawan. Maka tak heran jika tenaga kerja dari lulusan bidang ekonomi keuangan rata-rata digaji sebesar US$ 81,500 atau Rp 111,9 juta.

4. University of Oxford, Inggris
Sebagai perguruan tinggi tertua di Inggris, University of Oxford merupakan salah satu universitas terbaik dan paling selektif dalam menerima calon mahasiswa. Berdiri sekitar tahun 1096, universitas yang berlokasi di kota Oxford Inggris ini memiliki 38 kolase konstituen dan beragam departemen akademik yang dibagi menjadi empat divisi. Oxford telah melahirkan banyak alumni yang sukses, dan hingga saat ini terdapat 58 alumni yang berhasil meraih penghargaan Nobel. Para lulusan dari universitas ini senantiasa diincar oleh para perusahaan swasta dan pemerintah. Maka sangat pantas jika para alumni dari lembaga pendidikan ini rata-rata mendapatkan gaji sebesar US$ 78,500 atau Rp 107,7 juta per bulannya.

Demikianlah sekilas gambaran mengenai perguruan tinggi yang para lulusannya rata-rata digaji tinggi. Apakah anda punya impian masuk ke sana?

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait