4 Alat Sederhana untuk Membersihkan Ponsel

Ternyata sebuah ponsel (smartphone) yang kita sering pakai setiap hari menyimpan jutaan bakteri dan kotoran yang bisa mengundang penyakit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa telepon seluler sebenarnya merupakan benda yang paling kotor, bahkan dikatakan lebih kotor dari pada dudukan toilet, seperti yang terangkum dalam Mashable.com. Hal ini tampaknya cukup masuk akal mengingat ponsel yang kita miliki sangat sering berinteraksi dengan tangan kita, sementara tangan kita selalu berinteraksi dengan beragam benda yang mungkin mengandung sejuta bakteri jahat. Artinya dari tangan, kita mentransfer bakteri ke perangkat ponsel. Nah, jika tidak rutin dibersihkan, maka telepon genggam tersebut menjadi sarang bibit bakteri penyakit. 

Lalu, bagaimanakah caranya membersihkan perangkat ponsel yang kita miliki dengan peralatan yang sederhana. Berikut tip dan cara yang bisa anda praktikkan di rumah.

1. Gunakan Kain Mikro Fiber
Kain mikro fiber pembersih ponsel
Dengan memberi sedikit air hangat pada kain tersebut, anda bisa melakukan pembersihan yang lebih higienis. Kain Fibers yang dibasahi dengan sedikit air hangat sering dipakai untuk membersihkan televisi, remote, dan komputer. Lakukan kegiatan ini saat menjelang tidur ataupun saat bangun pagi agar ponsel lebih terlihat kinclong. Air hangat dapat membunuh bakteri dan kuman - kuman yang menempel pada permukaan ponsel.

2. Sikat Gigi
Media pembersih yang juga sederhana untuk membersihkan ponsel adalah sikat gigi. Pilihlah silat gigi yang berbulu halus agar lembut pada permukaan ponsel dan dapat menjangkau ke sela-sela yang lebih sempit, seperti pada tepian ponsel, bagian speaker, jack audio, pada lekukan kecil dan juga di sela-sela keypad. Perpaduan antara penggunaan kain mikro fiber dan sikat halus dapat membersihkan permukaan ponsel lebih optimal. 

3. Cotton Bud (Korek Kuping) dan Tusuk Gigi
Korek kuping yang ujungnya terdapat pentolan kapas dapat sangat efektif membersihkan sela - sela yang tidak bisa dijangkau oleh penggunaan kain dan sikat gigi, misalnya pada bagian dalam jackaudio. Jika tidak ada cottonbud, anda bisa memanfaatkan tusuk gigi dengan selembar kecil kertas tisu.

4. Kaleng Air Compressed
Alat ini adalah berupa sebuah kaleng yang berisikan udara yang terkompresi atau berisi tekanan. Alat ini sangat efektif membersihkan debu pada bagian - bagian yang tersembunyi, misalnya di bawah keypad ponsel. Perangkat komputer, laptop, dan konsol game juga sering dibersihkan dengan kaleng air compressed.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait