10 Negara Dengan Biaya Kuliah Termahal Di Dunia

"Ada harga ada rupa", demikianlah sebuah ungkapan yang bisa kita dengarkan berkaitan dengan kualitas suatu produk. Hal ini juga tentunya berlaku pada sektor pendidikan. Untuk mendapatkan kualitas pendidikan terbaik, orang rela menggelontorkan uang yang banyak, mulai dari pendidikan dasar hingga ke perguruan tinggi. Ketika seseorang masuk ke bangku perguruan tinggi atau universitas, maka  ia harus mengeluarkan dana yang lebih besar lagi. Makin bergengsi dan berkualitasnya suatu perguruan tinggi, maka makin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

Nah, jika kita mendiskusikan tentang biaya pendidikan yang tinggi, ternyata ada peringkat negara-negara yang memiliki lembaga - lembaga pendidikan (universitas) yang secara rata-rata mematok tarif kuliah yang mahal.

Negara biaya kuliah termahal
Berdasarkan data riset yang diterbitkan pada World Economic Forum oleh OECD dalam laporan Education at Glance 2015 diketahui 10 peringkat teratas negara-negara dengan biaya kuliah yang mahal. Akumulasi biaya kuliah menurut riset tersebut mencakup mulai dari biaya pendaftaran hingga lulus di periode 2013/2014. Nah, bila anda berencana kuliah di luar negeri, mungkin akumulasi biaya bisa menjadi salah satu faktor untuk menentukan negara tujuan yang tepat bagi anda. Dan daftar berikut bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

Sebagai negara dengan biaya kuliah paling mahal saat ini adalah Inggris. Negeri Ratu Elizabeth tersebut rata - rata tarif biaya kuliahnya sekitar US$ 9.019 hingga wisuda. Sementera di urutan kedua adalah Amerika Serikat yang terpaut 800 dolar, yakni rata-rata sebesar US$ 8.202. Posisi ke tiga berada di kawasan Asia, tepatnya negara Jepang yang biaya kuliahnya rata-rata US$ 5.152 hingga lulus.

Nah, berikut rincian peringkat sepuluh negara dengan biaya kuliah termahal di dunia:
1. Inggris, rata-rata biaya kuliah hingga lulus adalah sebesar US$ 9.019
2. AS, rata-rata biaya kuliah hingga lulus adalah sebesar US$ 8.202
3. Jepang, rata-rata biaya kuliah hingga lulus adalah sebesar US$ 5.152
4. Korea Selatan, rata-rata biaya kuliah hingga lulus adalah sebesar US$ 4.773
5. Kanada, rata-rata biaya kuliah hingga lulus adalah sebesar US$ 4.761
6. Australia, rata-rata biaya kuliah hingga lulus adalah sebesar US$ 4.473
7. Selandia Baru, rata-rata biaya kuliah hingga lulus adalah sebesar US$ 4.113
8. Israel, rata-rata biaya kuliah hingga lulus adalah sebesar  US$ 2.957
9. Belanda, rata-rata biaya kuliah hingga lulus adalah sebesar US$ 2.300
10. Italia, rata-rata biaya kuliah hingga lulus adalah sebesar US$ 1.602

Dalam riset yang dipublikasikan OECD tersebut, perlu digarisbawahi bahwa data yang dimaksud merujuk pada institusi publik. Di negeri Inggris sendiri, kebanyakan sektor pendidikan tinggi dilakukan dengan bekerjasama antara pihak pemerintah dan swasta. Mungkin ini menjadi salah satu faktor penyebab tingkat biaya kuliah yang mahal.

Berlawanan dengan kondisi pendidikan tinggi di 10 negara tersebut, beberapa negara maju di Eropa justru tidak memungut dan membebankan biaya pendidikan, seperti Slovenia, Denmark, dan Estonia. Nah, demikian deskripsi singkat tentang 10 negara yang memiliki biaya kuliah yang paling mahal. Semoga dari uraian di atas bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam menentukan tujuan lokasi pendidikan anda di luar negeri.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait