Tips Agar Produktivitas Hari Kerja Anda Jadi Lebih Baik

Produktivitas seseorang dalam menjalani hari kerjanya ternyata dipengaruhi oleh beberapa menit pertama di hari kerjanya. Artinya, ketika anda datang terlambat sekian menit saja ke tempat kerja anda, maka akan ada banyak kesulitan dan tekanan pikiran yang mempengaruhi kinerja anda di hari itu. Oleh karena itu, anda perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum berangkat ke tempat kerja. Berdasarkan penelitian yang disajikan di businessinsider.com, ada lima hal umum yang sebaiknya anda terapkan untuk mendapatkan dan menjalani 10 menit pertama yang bagus di hari kerja anda sehingga berdampak positif terhadap kinerja dan produktvitas diri di sisa hari kerja anda.

1. Datang Tepat Waktu
Kata "on time" menjadi mantra yang dapat meningkatkan keprcayaan diri anda. Ketika anda tiba di kantor tidak tepat waktu, maka itu artinya anda telah menyabotase dan merusak produktivitas diri di hari itu. Hasil sebuah studi mengungkapan bahwa karyawan yang datang terlambat dapat menjadi kurang cermat dan teliti menyelesaikan tugas dan pekerjaannya. Rasa malu kepada sesama rekan kerja dan rasa takut terhadap atasan karena datang terlambat dapat membuatnya kurang fokus dan teliti. Oleh karena itu, agar anda bisa mengeksplorasi produktivitas diri, maka upayakan untuk datang tepat waktu.

2. Minum Secangkir Kopi atau Minuman Hangat Favorit Anda
hari kerja
Mengawali hari kerja dengan secangkir kopi ataupun minuman hangat favorit anda ternyata dapat mendorong produktivitas diri. Jika anda tidak sempat minum di rumah, anda mungkin bisa minum di tempat kerja. Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa waktu terbaik untuk minum segelas kopi hangat adalah setelah pukul 09.30 karena biasanya tingkat hormon stres kortisol yang menjadi pengatur dan pemicu energi tubuh berada di puncaknya pada jam 8 - 9 pagi, sehingga perlu dirangsang kembali.

3. Buka Email dan Pesan Ponsel Anda
Dalam memulai hari, anda bisa memprioritaskan untuk membaca email ataupun pesan penting yang masuk ke ponsel anda. Saran ini diungkapkan oleh seorang pembicara bisnis internasional, bernama Michael Kerr. Dengan cara itu, anda akan lebih mudah dalam merencanakan hari anda, dan tidak melewatkan hal yang mendesak.

4. Jangan Bekerja secara Multitasking
Hanya ada sedikit orang yang bisa menyelesaikan beberapa tugas pekerjaan dalam waktu bersamaan. Para perusahaan biasanya senang terhadap karyawan yang bisa melakukan banyak hal dalam waktu yang sama. Namun, jika anda kurang terampil mengorganisasikan tubuh dan pikiran anda, maka hal itu justru dapat menghambat pekerjaan anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mutitasking dapat memperlambat atau mengacaukan hasil pekerjaan. Oleh karena itu, disarankan agar anda lebih baik menyusun daftar prioritas dan menyelesaikan tugas-tugas tersebut secara bertahap.

5. Adakan Rapat di Pagi Hari
Sebagai pimpinan atau karyawan di sebuah perusahaan, ada baiknya menjadwalkan dan melakukan rapat di pagi hari, karena umumnya energi tubuh di pagi hari lebih baik sehingga bisa memfokuskan diri dalam mengikuti rapat pertemuan. Jadi, hindari menjadwalkan rapat di siang hari, kecuali dalam situasi mendesak.

Demikianlah lima langkah yang sebaiknya anda terapkan guna mendapatkan hari kerja yang produktif dengan hasil yang maksimal. Salam kerja & usaha!    

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait