Start Up Berbasis Muslim di Amerika Serikat

Usaha rintisan yang berbasis teknologi (start up) di kawasan Amerika Serikat tampaknya terus bermunculan. Warga muslim di negara itu pun juga berupaya menggeluti usaha serupa dengan menghadirkan beragam produk start up yang berbasis nilai-nilai Islami. Salah satu warga yang tengah berusaha merintis startup business adalah Amin Aaser (27 tahun).

Ia adalah seorang mahasiswa di University California Berkeley yang beragama Islam. Pengalaman hidup yang ia rasakan hidup di Amerika Serikat membuatnya termotivasi menciptakan aplikasi berupa serial buku Islam untuk anak-anak.

Start up islam amerika
Sebagai warga minoritas di kawasan Minnesota, Amin sering berhadapan dengan beragam kesulitan, misalnya kesulitan memenuhi kebutuhan imannya ketika berpuasa di bulan Ramadhan, serta sulit dalam hal pergaulan atau bersosialisasi dengan warga setempat. Termotivasi oleh keponakannya yang tak ingin agar mengalami nasib yang sama dengan dirinya, Amin bersama sang kakak, Mohammad Aaser, membuat aplikasi buku Islam untuk anak-anak yang bernama Noor Kids.

Aplikasi ini dibuat menyerupai kisah "Dora The Explorer" dengan tokoh - tokoh yang disesuaikan dengan khazanah Islam. Saat ini, buku-buku yang tergabung dalam aplikasi Noor Kids telah terjual lebih dari 25 ribu buku.

Selain Amin, startup yang juga berbasis Muslim di Amerika Serikat adalah Ishqr yang merupakan plesetan dari kata 'Ishq' (bahasa Arab) yang berarti cinta. Aplikasi yang dibuat oleh Humaira Mubeen ini adalah aplikasi perjodohan yang ditujukan kepada warga muslim di Amerika Serikat yang masih kesulitan mencari jodoh karena keterbatasan pergaulan sosial.

Latar belakang Humaira, seorang wanita muslim yang tinggal di Washington DC membuat aplikasi ini adalah karena sering mendengar keluhan teman-temannya yang kesulitan mendapatkan pasangan hidup.

Saat ini, aplikasi Ishqr tersebut telah memiliki lebih dari 7.000 pengguna aktif. Dengan aplikasi jodoh ini, para member bisa membuat profil disertai foto dirinya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait