Mengapa Pepsi Terjun Ke Bisnis Smartphone?

Jika kita mendengar merek Pepsi, tentu produk yang terbayang di dalam benak kita tidak lain adalah minuman ringan bersoda. Namun, di masa mendatang image Pepsi tampaknya akan sedikit bergeser, karena jika sukses, brand Pepsi juga akan dikenal sebagai salah satu vendor ponsel pintar.

Di penghujung tahun ini, Pepsi telah meluncurkan sebuah produk ponsel pintar berbasis android dengan nama Pepsi P1. Ponsel dengan layar seluas 5,5 inchi full HD tersebut dirancang oleh Shenzhen Scooby Communication Equipment. Logo khas Pepsi menjadi ciri special yang menjadikan P1 adalah buatan Pepsi Co.

Persaingan sengit di ranah mobile gadget, membuat Pepsi menghadirkan ponsel pertamanya dengan beragam fitur canggih tetapi harga terjangkau. Pepsi P1 memiliki ketebalan body 7,7 mm, berat 158 gram, prosesor 1,7 GHz octa-core, dan memory RAM sebesar 2 GB.

smartphone terbaru pepsi p1Untuk urusan foto, ponsel yang pertama kali diluncurkan di China tersebut dibekali dengan kamera belakang 13 mega pixel, dan 5 mega pixel kamera depan untuk foto-foto selfie. Kinerjanya disokong oleh baterai berkapasitas 3.000 mAh dan ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB. Fitur keamanan berupa pemindai sidik jari juga disematkan di ponsel Pepsi P1 yang bandrol harganya diperkirakan 205 dolar Amerika.

Persaingan sengit di pasar smartphone tampaknya akan menjadi tembok penghalang bagi Pepsi untuk mengambil porsi penjualan yang kini dikuasai para pemain-pemain besar, seperti Apple, Samsung, Sony, dan juga Xiaomi. Mungkinkah ponsel buatan Pepsi ini akan memiliki nasib serupa seperti Facebook phone, Amazon Fire phone dan Motorola ROKR yang kurang mendapat perhatian dari konsumen? Dengan kompetisi yang sangat ketat di ranah mobile, lalu mengapa perusahaan Pepsi berani terjun ke bisnis smartphone?

Menurut salah seorang perwakilan Pepsi, yang diungkapkan kepada ABC News, menyatakan bahwa Pepsi selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan budaya, dan hari ini teknologi merupakan kunci pilar kebudayaan yang menyentuh sisi interaksi konsumen. Pepsi tidak memiliki rencana ke depan untuk serius menggarap bisnis manufaktur di sektor mobile phone, tetapi berupaya mencari cara kreatif dan inovatif bersama dengan konsumen untuk semakin menumbuhkan brand Pepsi.

Hemm, artinya mungkin Pepsi berupaya menjadikan handphone buatannya tersebut sebagai bagian dari cara untuk memperkuat posisi mereknya. Ataukah ada tujuan lain yang masih rahasia?

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait