Kiat Memulai Bisnis Tanpa Menggunakan Uang

Untuk memperoleh penghasilan yang lebih besar serta tidak terikat oleh aturan jam kerja, banyak orang memilih jalan menjadi pengusaha. Meskipun melakoni usaha kecil, namun motivasi untuk mandiri dan tidak berada di bawah byang-bayang orang lain menjadikan mereka menempuh jalur sebagai pebisnis. Tapi, banyak orang yang tidak berani menjadi entrepreneur karena terganjal oleh modal.

Memang tak dapat dipungkiri, bahwa untuk memulai wirausaha, orang membutuhkan uang sebagai modal. Tapi, jika anda sedikit pintar, ternyata ada sedikit jalan untuk memulai bisnis dengan sedikit atau tanpa modal. Bagaimanakah cara mulai berwirausaha dengan tanpa modal?

1. Menggali Bakat Diri 
Bakat Diri
Setiap orang punya bakat tersendiri yang bisa dioptimalkan untuk menyokong bisnis atau bahkan menjadi awal berdirinya bidang bisnis tertentu. Bakat dan keterampilan special yang anda miliki harus digunakan untuk menciptakan peluang usaha. Misalnya, anda yang pandai dalam pembuatan produk kerajinan bisa memanfaatkan barang-barang bekas sebagai bahan produksi. Atau anda yang berbakat di bidang kuliner bisa mengajak kerjasama dengan para pemilik modal untuk mendirikan usaha kuliner. Intinya adalah bahwa bakat yang anda miliki memang sangat spesial dan unggul, sehingga menciptakan keyakinan dan kepercayaan dari para investor.

2. Jangan Berdiam Diri, Tapi Kreatif dan Inovatif
Kurangi kegiatan yang tak produktif dan bermalas-malasan. Menurut ahli psikologi Mihaly Csikszentihalyi, saat-saat terbaik dalam kehidupan seseorang bukanlah ketika sedang santai dan pasif, tetapi ketika ia berhasil melewati batasan dari yang tersulit dalam hidupnya. Berbisnis memerlukan kreativitas dan inovasi yang dapat menjadi daya tarik bagi konsumen/pelanggan. Kembangkan daya pikir dan imajinasi anda untuk membuat hal yang baru ataupun solusi dari suatu masalah yang dihadapi banyak orang. Hal ini akan membuat uang mengalir ke pundi-pundi rekening anda, meskipun anda menggunakan sedikit uang untuk modal usaha anda.

3. Ubah Cara Pandang Anda dalam Berbisnis
Kunci dalam meraih kesuksesan dan motivasi berbisnis ternyata bukan memiliki modal yang besar, tetapi kebahagiaan dan keluarga. Berhentilah menjadikan uang sebagai prioritas utama dalam berbisnis, karena justru akan semakin membuat anda stress. Survei dari 3.000 orang di Amerika mengungkapkan bahwa 72 persen merasakan stress tiap bulalnnya karena senantiasa memikirkan uang dan materi. Memulai bisnis dengan berorientasi pada uang hanya akan menghambat daya imajinasi dan keberanian anda. Intinya adalah melakukan yang terbaik, dan mengubah sudut pandang dalam berbisnis yang tidak hanya fokus pada uang semata.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait