Cara Mengatasi 5 Tanda Keuangan yang Tak Terarah

Uang yang anda miliki dari hasil usaha ataupun gaji yang rutin anda dapatkan tiap bulan harus dipergunakan dengan cermat, karena jika tidak, keuangan anda menjadi tidak terarah, dan ujung-ujungnya anda terlilit utang, atau uang yang anda miliki tak memberikan hasil apa-apa di masa depan. Ada lima hal yang bisa anda cermati sebagai pertanda jika finansial anda tidak memiliki arah yang baik.

1. Uang Bulanan Habis Sebelum Gajian
Jika anda sering mengalami kehabisan uang sebelum akhir bulan, maka anda perlu menghitung ulang lagi penyebab kondisi tersebut. Uang habis sebelum gajian biasanya sering disebabkan oleh gaya hidup yang tidak menyesuaikan kemampuan finansial anda. Misalnya rutin bepergian dengan menyewa taksi, padahal di beberapa kesempatan anda bisa menggunakan angkutan umum agar bisa sedikit berhemat.

2. Sering Terjerumus oleh Gengsi
Pecahan uang kecil
Gengsi menjadi satu pemicu yang menyebabkan anda tidak bisa berpikir sehat dalam pengeluaran uang. Misalnya, ketika anda takut dibilang kuper (kurang pergaulan), anda rela hangout di tempat - tempat yang mahal, atau makan malam di restoran mahal agar hanya terlihat prestige. Oleh karena itu, belajar meredam emosi dan berpikir rasional merupakan kunci permasalahan ini. Jangan memaksakan diri saat isi dompet sedang menipis. Gunakan cara yang lebih murah dalam bersosialisasi, karena nilai quality time bersama rekan-rekan lebih penting daripada nilai prestise.

3. Salah Menggunakan Kartu Kredit
Kartu kredit menjadi alat pembayaran yang lebih praktis dan mudah. Namun, banyak orang yang justru terlena menggunakan kartu kredit sehingga tanpa sadar mengakibatkan anda lebih boros, serta menanggung beban bunga/potongan yang lebih banyak. Silahkan baca tentang ragam kesalahan memanfaatkan kartu kredit.

4. Tidak Menyisihkan Gajinya untuk Investasi
Tanda lain yang menunjukkan bahwa keuangan anda bermasalah dan tidak terarah adalah tidak bisa menyisihkan sisa gaji 5%-10% untuk tabungan (investasi). Anda harus berupaya menyisakan sejumlah kecil gaji anda tiap bulannya untuk ditabung dan direncanakan pemanfaatannya dalam 6-9 bulan ke depan. Caranya, disiplin menggunakan uang, dan belajar menahan godaan belanja.

5. Tidak Memiliki Dana Cadangan
Dana cadangan atau dana darurat adalah hal yang amat penting bagi kehidupan anda, terutama ketika menghadapi situasi genting. Dana ini berbeda dengan tabungan (investasi), tapi bisa ditabungkan untuk sekedar mendapat bunga tabungan. Jumlah dana darurat sebaiknya minimal dapat mencukupi kebutuhan anda selama 6 bulan. Jika anda tidak memiliki dana cadangan, berarti itu pertanda keuangan anda selama ini belum terarah dengan benar. Berusahalah mulai menyisihkan sejumlah uang untuk dana cadangan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait