Cara Hemat Anggaran Saat Membangun Rumah Baru

Banyak orang berpendapat bahwa lebih baik untuk membangun rumah sendiri daripada membeli rumah yang sudah jadi. Beberapa kelebihan yang akan didapatkan antara lain bisa menentukan sendiri rancangannya, dapat dengan leluasa memilih bahan yang digunakan, serta bisa menyesuaikan dengan budget (anggaran dana) yang dimiliki. Jika anda memutuskan untuk membangun rumah sendiri, maka anda sebaiknya berupaya melakukan penghematan anggaran dengan cara cermat sehingga sisa biaya yang berhasil anda sisihkan dapat digunakan untuk keperluan lain, misalnya untuk membeli perabotan perlengkapan rumah. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar bisa membuat rumah dengan biaya yang lebih hemat? Mungkin 4 hal berikut ini bisa anda terapkan.

1. Pakai Bantuan Arsitek
Jika anda termasuk orang awam  dalam bidang konstruksi, maka sebaiknya memanfaatkan jasa arsitek. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa menghemat waktu serta meminimalisir kesalahan - kesalahan yang tak perlu sehingga bisa menentukan anggaran yang lebih hemat. Meskipun anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar jasa arsitek, namun beberapa kesalahan sepele dalam membangun rumah dapat berakibat pemborosan yang lebih besar. Sehingga dengan memakai tenaga profesional tersebut anda menjadi lebih terbantu.

2. Bandingkan dan Cari Harga Terbaik
hemat anggaran membangun rumah
Mungkin di wilayah anda, ada sejumlah toko yang menjual material bangunan dengan harga dan kualitas yang bervariasi. Ada baiknya, terlebih dahulu anda melakukan pengecekan dan perbandingan harga guna mendapatkan bahan material yang berkualitas dengan harga yang bersahabat. Selain itu, ada baiknya anda memanfaatkan program diskon atau bonus harga untuk pembelian barang dalam jumlah banyak.

3. Pertimbangkan untuk Memakai Material Bekas
Cara ke tiga ini bisa anda pertimbangkan untuk membangun rumah dengan biaya lebih hemat. Adapun material bekas yang dimaksud terutamanya adalah kayu. Kata bekas bukan berarti tidak berkualitas. Mungkin di seputaran wilayah anda ada beberapa gedung pemerintah yang telah melakukan rehabilitasi berat yang mengganti kayu dengan kap baja. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk melelang kayu-kayu yang masih bagus dipakai. Kayu lama biasanya lebih kuat dan tahan lama. Namun, sebaiknya penggunaan kayu bekas tidak melebihi 40% dari total kayu yang dipakai untuk bangunan rumah baru anda. Pemanfaatan bahan bekas tersebut bertujuan untuk menghemat anggaran.

4. Mencari Bahan Bangunan yang Awet
Penghematan biaya dapat diusahakan dengan menggunakan bahan - bahan yang murah namun mempunyai daya kekuatan yang lumayan. Barang atau bahan bangunan seperti itu biasanya masuk dalam kategori kelas menengah. Untuk mendapatkan bahan ini, anda harus aktif menggali informasi di berbagai tempat. Selain itu, lakukan pula kegiatan ekstra agar bisa membuat rumah menjadi lebih awet dan tahan lama, seperti memberikan formula anti rayap, dan membuat formula campuran semen yang diaduk seimbang dengan pasir agar rumah tidak cepat retak. Meskipun ada biaya tambahan, namun dapat membuat hemat dalam jangka panjang.

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda tempuh untuk menghemat pengeluaran biaya pembangunan rumah baru anda. Salam kerja & usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait