Cara Agar Tweet Anda Dibagikan Banyak Orang

Salah satu cara membangun brand dan reputasi bisnis anda adalah dengan melipatgandakan jaringan anda dan juga jaringan dari orang-orang yang ada dalam jaringan anda. Jika anda menggunakan Twitter untuk marketing bisnis, maka anda bisa memanfaatkan keampuhan "retweet". Retweet atau kicauan ulang, adalah sebuah fitur pada Twitter yang biasanya digunakan oleh seseorang untuk membagikan tweet dari orang/pihak lain ke pada followernya.

Tweet yang di-share ulang tersebut biasanya sesuatu penting atau menarik baginya, dan ia merasa bahwa hal itu layak diketahui oleh para pengikutnya.

Coba bayangkan, jika anda memiliki 1.000 followers, dan masing-masing follower memiliki pengikut 100 orang, maka anda berpotensi mempromosikan produk atau bisnis anda ke 100.000 orang yang berbeda. Kuncinya adalah membuat tweets (kicauan) yang menarik, sehingga orang lain dengan sukarela nge-tweet ulang (share) apa yang anda tulis tersebut. Namun sebaliknya, jika anda tidak mampu membuat sesuatu (tweets) yang menarik, maka promosi yang anda lakukan hanya terbatas pada 1.000 followers saja. Jadi, jangan asal-asalan memposting tweets di akun Twitter anda.

Lalu, bagaimana membuat tweets yang bagus dan berpotensi dibagikan ulang (retweet) oleh para pengguna Twitter?

Berikut beberapa tips yang bisa anda praktikkan dalam usaha melipatgandakan promosi dan marketing brand produk anda.

1. Gunakan maksimum 120 karakter dalam setiap anda nge-tweet. Hal ini membuat orang tidak perlu lagi melakukan edit saat retweet. Jika lebih dari itu, orang biasanya akan malas untuk nge-tweet ulang apa yang anda telah posting.

2. Gunakan kalimat sederhana, mudah dimengerti, to the point, dan menarik + url situs anda. Misalnya: Sign up to my newsletter + url link. Anda juga bisa ngetweet mengenai: how to headline, find out headline, atau breaking news headline, yang membuat orang makin penasaran dan sukarela menyebarkan tweets anda.

3. Orang-orang biasanya senang dengan informasi dalam bentuk daftar, misal: "5 Cara Mengatasi Masalah ....." atau "7 Produk untuk Membuat .....". Nah, gunakan pendekatan ini agar lebih berpotensi ditweet ulang oleh followers anda. Jangan lupa menyertakan URL situs anda.

Demikianlah kiat-kiat agar apa yang anda tulis dan promosikan di Twitter mendapat tanggapan dan antusiasme positif dari orang lain sehingga akan me-retweet secara sukarela.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait