5 Tren Visual Commerce Tahun 2016 yang Wajib Diketahui Tim Marketing

Strategi dan aturan dalam dunia marketing tampaknya tengah mengalami pergeseran. Dengan miliaran gambar yang dibagikan tiap hari di internet, konsumen saat ini punya keterlibatan dan kesempatan besar untuk mengenal dan menggali produk terbaik, serta membagikan pengalamannya ke jaringan sosialnya, bahkan ketika ia sedang di perjalanan. Hal ini berarti bahwa para tim pemasar harus terlibat dalam pemanfaatan visual content untuk pemasaran dan perdagangan mereka. Dan berikut ini disajikan 5 tren yang bakalan menjadi ramai di tahun 2016 menurut hasil survey Curalate.com.

1. Tim Pemasaran akan Merasa Lebih Stress
Berdasarkan data survey, 77% marketer setuju bahwa akan ada peningkatan stress untuk menunjukkan ROI (Return On Investment) dari penggunaan visual content. Hanya 1 dari 10 marketer yang percaya bahwa aset gambar yang ia miliki dapat bekerja secara efektif untuk mendatangkan laba lebih besar.

2. Tingkat Kepercayaan Diri dalam Kreativitas Tergolong Rendah
pemasaran visual kontenHanya 11% marketer percaya bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil pemasaran, dan hanya 7% yang percaya bahwa visual content yang digunakan dapat menyokong tujuan marketing mereka.

3. Tim Pemasaran Ingin Mengelompokkan Konten Visual Mereka, Namun Tak Dilakukan
Sekitar 86% tim marketing setuju bahwa pengelompokkan channel gambar adalah hal yang penting untuk pemasaran. Namun ternyata 78% tim pemasaran masih menggunakan gambar-gambar yang sama pada visual content mereka.

4. Email, Ecomm, dan Iklan
Kurang dari 11 persen marketer percaya bahwa penggunaan gambar cukup penting dipakai pada email marketing, ecomm, dan periklanan.

5. Lima Langkah untuk Sukses dalam Pemasaran Visual Content
1) Yang pertama adalah memilih citra gambar yang menarik; 2) Mengembangkan konten kreatif yang baru; 3) Mengukur ROI atau rasio laba bersih terhadap biaya; 4) Penyediaan anggaran dana yang cukup; dan 5) Unik dalam kompetisi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait