5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Bekerja di Kantor

Bekerja di gedung perkantoran, terutama bagi yang sering berada di belakang meja kerja, tentu akan sangat sulit menerapkan gaya hidup sehat, apalagi jika jenis pekerjaan yang dilakukan lebih sering menggunakan otak dan komputer serta jarang untuk bisa bergerak. Hal ini secara perlahan-lahan akan membuat vitalitas dan kesehatan tubuh menjadi semakin rentan. Namun jika anda mau, sebenarnya penerapan gaya hidup sehat selama menjalani rutinitas kerja di kantor bisa anda wujudkan dengan melakukan beberapa hal sederhana yang diuraikan berikut ini.

Minum Air Putih untuk Menghindari Dehidrasi
Jika anda sering merasa kekurangan cairan saat menjalani aktivitas kerja di kantor, maka bersiap-siaplah menghadapi masalah pada pencernaan, sakit kepala, mudah lelah, dan juga ancaman penyakit lainnya yang akan mengganggu produktivitas diri anda. Oleh karena itu, sediakan sebotol air putih di atas meja kerja agar asupan cairan tubuh dapat terpenuhi sehingga terhindar dari bahaya dehidrasi.

Terapkan Meja Zona Zen
olahraga di kantorBeban pekerjaan yang berat dan tugas yang menumpuk di meja kantor cenderung akan membuat orang menjadi lebih cepat stress. Dan stress adalah awal dari datangnya beragam macam penyakit. Untuk mengurangi tingkat stress saat anda bekerja di kantor, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuat suasana meja kerja menjadi lebih bersih. Jika perlu, membuat meja menjadi zona 'zen', yakni sebuah zona dimana tidak diganggu gugat oleh hal lain yang akhirnya bisa merusak fokus dan menahan kreatifitas yang harusnya dapat mengalir dengan bebas. Namun, anda juga bisa menambahkan beberapa benda-benda tertentu yang dapat menggairahkan mood kerja anda, seperti foto orang-orang tercinta.

Manfaatkan Laci Meja sebagai Gudang Cemilan Sehat
Di jam - jam menjelang siang atau pun sore, perut biasanya ingin diganjal dengan makanan ringan. Nah, untuk mewujudkan gaya hidup sehat, maka isilah laci meja kerja anda dengan cemilan ataupun snack sehat, misalnya kacang-kacangan, healthy snack bar, popcorn tawar, dan cemilan sehat lainnya. Dengan cara ini maka biasanya saat makan siang, anda akan enggan untuk mengkonsumsi jajanan dan makanan ringan lainnya yang mungkin tidak menyehatkan.

Jalan Kaki di Jam Makan Siang
Waktu makan siang yang biasanya berinterval 1 jam sebaiknya jangan hanya dimanfaatkan untuk makan siang dan mengecek akun jejaring sosial saja. Setelah makan siang, manfaatkan sisa waktu istirahat tersebut untuk menggerakkan kaki anda selama 15-20 menit. Lakukan jalan-jalan santai di seputaran lingkungan kantor anda agar tubuh dan otak kembali segar. Kegiatan ini ternyata juga dapat bermanfaat mencegah naiknya gula darah. Menurut jurnal yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology, diketahui bahwa jalan-jalan di luar ruangan dapat lebih efektif menurunkan tingkat stress dan rasa cemas.

Lakukan Gerak Aktif Minimal Tiap Satu Jam
Masalah kesehatan yang sering dialami oleh para pekerja kantoran adalah peredaran darah yang tidak lancar, metabolisme tubuh yang menurun, dan juga masalah kaku otot. Hal ini muncul karena jarang bergerak dan terlalu banyak duduk. Oleh karena itu, luangkan waktu 3-5 menit untuk melakukan gerakan aktif setiap satu jam sekali, seperti stretching ringan, berjalan ke toilet, atau merapikan meja kerja. Kegiatan sela ini ternyata bisa meningkatkan suasana dan semangat kerja, sehingga anda menjadi lebih produktif dalam menuntaskan pekerjaan anda.

Demikianlah beberapa hal yang bisa anda upayakan untuk menjaga vitalitas dan mewujudkan gaya hidup sehat di kantor tempat kerja anda. Salam kerja & usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait