4 Aturan Berinvestasi Bagi Kaula Muda

Bila status anda masih lajang dan telah memiliki penghasilan tetap, itu berarti anda belum memiliki tanggungan lebih, sehingga memungkinkan untuk mengalokasikan sejumlah penghasilan anda untuk berinvestasi. Menyisihkan sebagian dana untuk modal investasi di saat masih muda merupakan hal yang positif. Jika anda berencana untuk memulai investasi, maka paling tidak empat aturan ini harus dipahami terlebih dahulu.

1. Kondisi Finansial Anda Berada Pada Situasi Aman
Anda boleh menyisakan uang anda untuk investasi asalkan anda telah memiliki dana darurat, lancar membayar tagihan kartu kredit tiap bulannya, dan cicilan utang lainnya. Bila semua biaya tersebut masih membuat anda terbebani, maka sebaiknya pikirkan kembali strategi keuangan anda.

investasi usia muda

2. Jangan Menganggap Investasi Sebagai Jalan Pintas Menuju Kaya
Investasi yang anda lakukan harus bertujuan jangka panjang dan bukan dijadikan cara pintas menjadi kaya dalam waktu singkat, karena biasanya hal itu memiliki resiko besar. Investasi bertujuan mendapatkan hasil yang berlipat ganda dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan.

3. Memahami Dasar-dasar Investasi
Jangan hanya tergiur dengan hasil besar yang telah sukses dicapai oleh sahabat atau kerabat anda dalam suatu bidang investasi. Dalam menentukan keputusan berinvestasi, anda harus punya wawasan memadai yang bisa anda peroleh dengan membaca buku, berkonsultasi dengan ahli keuangan, dan sebagainya.

4. Tentukan Pilihan Investasi Sesuai Keinginan Anda
Dalam usia yang masih muda, salah satu pilihan investasi yang paling pas dan berpotensi memberikan keuntungan tinggi adalah saham yang berbasis reksadana, bukan investasi dalam bentuk obligasi.

Namun sebenarnya, apapun jenis investasi yang anda pilih, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, anda harus menentukan produk investasi yang paling sesuai dengan budget dan keinginan anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait