3 Langkah Awal Menjadi Orang Kaya

Momen yang paling menyenangkan dalam bekerja adalah saat menerima gaji. Penghasilan yang diterima tersebut merupakan nafas bagi hidup kita dalam satu bulan ke depan. Namun terkadang gaji yang kita terima sudah habis sebelum siklus gajian datang lagi, sehingga tak ada sisa untuk ditabung. Kondisi kehidupan seperti itu diyakini tidak akan mampu membuat hidup kita menjadi maju karena tak memiliki dana cadangan.

Salah satu jalan pintas yang sering dipikirkan banyak orang untuk bisa menjadi kaya adalah dengan mempertaruhkan sejumlah uangnya untuk mengikuti undian berhadiah yang sebenarnya peluangnya sangat-sangat kecil. Dan pemikiran seperti itu harus anda lenyapkan, dan mulailah mengikuti pola pikir para jutawan. Tahukah anda, uang para jutawan akan mudah sekali berkembang karena melakukan tiga langkah dasar berikut ini.

1. Menyusun Rencana Anggaran Keuangan yang Jelas
langkah awal menjadi orang kaya
Para jutawan senantiasa membuat perencanaan anggaran uangnya dengan seksama, mulai dari rencana bulanan, triwulan, tahunan, hingga rencana finansial untuk jangka panjang. Anggaran Keuangan yang telah tersusun akan lebih mudah dalam pengelolaan sehingga dapat tumbuh dan berkembang lebih mudah. Secara sederhana, dalam merencanakan anggaran tersebut dimulai dengan menghitung total penghasilan yang anda peroleh tiap bulannya, kemudian hitung juga semua tagihan dan biaya rata-rata kebutuhan anda setiap bulan.

Jika ternyata jumlah uang yang anda keluarkan memberatkan pendapatan anda, maka anda perlu membuat beberapa penyesuaian dalam perencanaan keuangan tersebut. Jika anda berencana melakukan investasi, sebaiknya anda terlebih dahulu menyelesaikan pembayaran tagihan bulanan. Sementara jika anda akan mengambil kredit, maka tuliskan tujuan anda berhutang dan cara melunasinya.

2. Cari Sumber Penghasilan Ekstra
Para jutawan menjadi kaya berkat keputusannya menjadi bos untuk dirinya sendiri, dan pola pikir ini bisa anda ikuti. Meskipun saat ini anda masih berstatus karyawan dengan gaji yang cukup, namun ada baiknya anda mencoba berwirausaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha kecil yang anda dirintis diluar jam kerja anda dapat menjadi bantuan bagi anda dalam membuat rencana cadangan. Silakan baca: >> 5 Pekerjaan Sambilan yang Bisa Hasilkan Uang Banyak

3. Sisihkan Sisa Uang Anda untuk Ditabung
Memiliki tabungan berarti anda memiliki uang cadangan yang lebih. Upayakan untuk menyisihkan 10-20 persen gaji anda untuk ditabung. Gunakan cara termudah untuk menyimpan uang, misalnya celengan atau pun deposito bank, sehingga dapat membantu anda menyimpan uang lebih banyak. Orang kaya cenderung disiplin merencanakan tabungan sejak dini.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait