Uang Mengalir Dari Jualan Ide Desain Baju di Teespring.com

Apakah anda merupakan seorang yang suka mendesain dan merancang baju? Apakah anda saat ini memiliki setumpuk ide kreatif terkait dengan desain kaos yang unik? Jika ya, mengapa anda tidak menyalurkan dan mewujudkan ide-ide anda menjadi sebuah produk nyata dan bisa menghasilkan uang yang banyak. Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah melalui situs Teespring.com

Apa itu Teespring?
bisnis online kaos teespring
Teespring merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pembuatan (platform) desain kaos dan sekaligus mencetak, menjual, dan mengirimkan pesanan tersebut ke tangan konsumen.  Perusahaan Teespring didirikan pada tahun 2012 oleh Walker Williams dan Evan Stities-Clayton. Usaha bisnis konveksi via online ini terinspirasi ketika mereka ingin menjual produk kaos untuk sebuah bar pada tahun 2011 di musim semi (spring). Alih-alih menyediakan kaos dengan semua ukuran, mereka lebih memilih untuk melakukan tawaran pre-order lewat website kepada pengguna internet di Amerika Serikat, agar mereka tidak sia-sia mencetak kaos.

Akhirnya lebih dari 400 orang memesan untuk dibuatkan t-shirt tersebut. Dari sana konsep bisnis yang dicetuskan oleh William dan Evan itu mulai berkembang pesat hingga memperoleh suntikan dana dari para investor, seperti Bill Cesare dan Mark Weiner. 

Konsep bisnis yang saling menguntungkan antara desainer dan Teespring ini telah berhasil mencetak dan menjual produk kaos lebih dari 12 juta item ke seluruh dunia. Perusahaan mengklaim bahwa pada tahun 2014 lalu, 1 dari 75 orang di Amerika Serikat membeli baju T-Shirt di Teespring.

Oleh karena itu, banyak orang yang ikut bergabung memanfaatkan potensi bisnis ini. Tak jarang orang yang hanya sekedar iseng membuat desain yang asal-asalan ternyata disukai oleh pengguna internet sehingga mereka memperoleh komisi hingga ratusan juta rupiah dari ide desain buatannya. Tertarik untuk mengikutinya?

Bagaimanakah cara bergabung di Teespring.com?

cara bergabung teespring
Bergabung dalam jaringan bisnis di Teespring dapat dikatakan minim risiko, karena sebagai member anda tidak perlu mengeluarkan modal sepeser pun untuk membuat kaos, mencetak desain, atau mengirimkan produk tersebut ke alamat konsumen. Semua dilakukan oleh perusahaan Teespring. Yang perlu anda lakukan adalah membuat desain yang menarik, menentukan harga jual, dan mempromosikan konsep desain tersebut ke banyak orang agar mereka tertarik dan melakukan pemesanan (pre-order). Ketika dalam batas waktu tertentu jumlah pemesan telah melebihi target yang ditentukan, maka kaos pun akan siap dicetak oleh Teespring dan dikirimkan langsung ke alamat masing-masing pemesan. Anda pun akan memperoleh komisi dari hasil penjualan tersebut. Jadi sama-sama menguntungkan.

Sedangkan bila ternyata dalam selang waktu tertentu jumlah pemesan tidak mencapai kuota, maka desain kaos anda tidak akan dibuat (batal dicetak). Hal ini berarti anda hanya mengalami kerugian dalam hal ide dan waktu.

Untuk bergabung ke Teespring sangatlah mudah. Anda perlu melakukan pendaftaran pada situsnya. Registrasi ini gratis.

1. Setelah itu, silahkan klik Launch a new campaign dan mulailah membuat desain kaos yang menarik dengan tulisan tulisan maupun upload gambar desain yang sudah Anda buat sendiri. Di sana sudah disediakan beragam tools untuk membuat desain kaos, cukup hanya tinggal klak klik dan drag sana sini saja.

2. Setelah selesai mendesain kaos hasil buah pikiran anda, maka Anda bisa melihat estimasi total harganya. Semakin sedikit warna atau tulisan yang akan dicetak pada kaos tersebut, maka harganya juga akan lebih murah. Kemudian mulailah set goal target penjualan Anda dan berapa kaos tersebut akan Anda jual (limit per-order). Di sana juga sudah tersedia lengkap rincian perhitungan harga dan estimasi keuntungan jika kaos tersebut berhasil terjual semua sesuai target goal Anda.

3. Langkah ke tiga adalah membuat deskripsi tentang kaos Anda dan jelaskan mengapa orang-orang harus membeli kaos tersebut. Selesai, cukup mudah bukan?

4. Tahapan yang paling sulit sebenarnya adalah mempromosikan rancangan produk tersebut atau istilahnya "campaign". Anda harus mencari dan mendatangkan trafik sebanyak banyaknya ke halaman situs Teespring yang sudah Anda buat. Sebagian besar orang memilih menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau pun Pinterest untuk menggaet calon konsumen. Jadi, mencari dolar di Teespring dot com sebenarnya gampang-gampang susah.

Mereka yang sudah aktif berkecimpung dalam bisnis Teespring, selalu mengoptimalkan kegiatan promosinya di Facebook. Adalah hal yang sulit untuk merayu orang lain untuk membeli produk kreasi kita, apalagi dengan target audiens yang sedang tidak berniat (gak pengen) membeli tshirt.

Terus bagaimana caranya biar orang yang sedang tidak berminat membeli tshirt jadi berubah pikiran "pengen" beli? Harus ada beberapa point penting di sales page biar calon buyer makin tertarik untuk membeli.

1. Yang pertama adalah "Give reason to buy". Harus ada sesuatu yang besar yang menjadi daya tariknya, misal: 
"Buy this tshirt and show your support to gaza"
"Wear this tshirt and show to your friends that you care about Global Warming"
"Great product, Printed on high quality material. 100% designed and printed in USA"

promosi teespring


2. Tunjukkan bahwa produk kreasi anda merupakan harga yang terbaik di kelasnya, misal:
Save money
- Normally $29,99, but you can get yours today for only $15 (50% Off)
- Tell your friend or family! Order 2 or more and save on shipping.

3. Limited Product, katakan bahwa kaos anda adalah produk eksklusif yang dibuat terbatas, misal:
"You cant find this anywhere in store. A great collector item!

4. Scarcity, yakni mengungkapkan bahwa efek diskon terbatas dan harga naik atau penjualan di tutup, misal:
- SALE ends on July 29th, and price will be back to normal.
- SALE ends on July 29th, and it will gone forever. So, dont miss it!

5. Safety: jaminan uang kembali
- 100% statifaction guarantee or your money back! (for any reason)

6. Call to action, yakni ajakan untuk segar memesan, misal:
So dont wait! Reserve yours today and pay later!

Tips Sukses Mendulang Uang di Teespring

Ada beberapa hal yang perlu diterapkan guna mampu menggapai kesuksesan dalam mendulang uang di Teespring, diantaranya:

1. Buat Konsep Desain yang Menarik
baju kaos desain teespring
Hal utama yang akan membuat sebuah kaos dapat mendulang kesuksesan adalah karena keunikan desainnya. So, berkreasilah menciptakan kaos dengan gambar dan tulisan yang menarik. Isu-isu dunia yang sedang hangat bisa menjadi ide inspirasi yang bagus untuk membuat tema kaos yang atraktif. Namun, hati-hati juga terhadap kemungkinan terjadinya pelanggaran hak cipta. Ada banyak situs yang bisa menjadi rujukan untuk inspirasi ide anda, beberapa diantaranya adalah redbubble.com, teefury.com, 6dollarshirts.com, dan zazzle.com.

2. Target Buyer
Melakukan promosi dan kampanye harus ditargetkan pada orang yang tepat, apa lagi jika anda mengeluarkan sedikit budget untuk biaya iklan di Facebook atau Google Adwords. Tentu kurang efektif bila desain kaos yang bertema "pendaki gunung" ditawarkan ke orang-orang yang tidak suka berpetualang

3. Menentukan Harga yang Pas
Harga jual kaos yang anda patok akan sangat menentukan persentase ROI. Mereka yang sudah aktif berkecimpung di Teespring biasanya berani mengeluarkan sejumlah dana untuk biaya iklan, dimana campaign ini rata-rata mengeluarkan cost iklan per sale $6. Jadi kalau dengan cara promosi murni mengandalkan facebook ads dengan fanspage 0 fans, maka sebaiknya patok keuntungan minimal $12 per shirt, $15 hoodie supaya ROI-nya minimal 100%.

4. Tetapkan Campaign Duration yang Tepat
Campaign atau batas kampanye yang terlalu lama ternyata kurang bagus konversinya. Hal ini karena 2 alasan, yakni pertama orang cenderung malas menunggu kelamaan, dan yang kedua orang berpikiran masih bisa beli nanti nanti. Demikian juga campaign yang terlalu singkat juga kurang bagus, karena kita tidak akan memiliki cukup waktu untuk split test. Jadi, idealnya adalah 7-11 hari.

5. Spilt Test
Jika anda punya modal lebih, ada baiknya pasang iklan di Facebook ataupun di Adwords. Namun, jangan pernah pasang iklan yang tidak terencana (ngawur). Lakukan selalu split test. Parameter yang paling sering dipakai dalam split test itu adalah umur dan interest.

Demikianlah sekilas informasi mengenai celah bisnis online mendulang dollar di Teespring dot com. Salam kerja dan usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait