Tips Sarapan Sehat Agar Performa Kinerja Maksimal

Performa kinerja anda dalam satu hari ternyata banyak dipengaruhi oleh bagaimana asupan anda di pagi hari. Sarapan yang baik akan membawa pengaruh yang positif bagi tubuh anda. Untuk menerapkan kebiasaan makan pagi (sarapan) yang bagus dan sehat tersebut dapat Anda lakukan seperti tips tips berikut ini. 

1. Jangan Memblender Buah 
Sarapan pagi sehat
Mengkonsumsi jus buah untuk sarapan adalah sesuatu yang baik. Namun, buah yang diblender ternyata mengalami kehilangan beberapa nutrisi, serat, dan vitamin. Oleh karena itu, disarankan untuk sarapan dengan air putih dan makan buah secara utuh.

2. Pantau Porsi Kafein
Dengan mengkonsumsi secangkir teh ataupun kopi ternyata dapat membuat mood kerja kita jadi lebih bergairah. Namun, jika sarapan dengan beberapa cangkir kopi dapat membuat kafein meracuni tubuh anda. 

3. Makan dengan Porsi Sedikit
Banyak orang yang makan pagi dengan porsi sedikit atau porsi bayi untuk menghindari kegemukan. Padahal apa yang anda makan di pagi hari akan habis diubah menjadi energi untuk aktivitas. 

4.  Sarapan Sehat
Jenis makanan untuk sarapan sehat diantaranya adalah sereal oat dan buah. Sebaiknya hindari makan pancake cokelat, muffin dan roti lapis yang mengandung kalori dan lemak tinggi penyebab naiknya kadar gula dalam darah. 

5. Camilan
Buang kebiasaan mengkonsumsi cemilan yang mengandung kalori tinggi seperti donat dan muffin sebagai salah satu pemicu kegemukan.

6. Minum Air Putih
Minum air putih sebelum sarapan ternyata memberi efek positif, misalnya menghindari dehidrasi, membantu sistem pencernaan, menyembuhkan penyakit lambung, serta dapat menciptakan  rasa kenyang. Ada baiknya minum air putih yang suhunya lebih hangat untuk melegakan tenggorokan anda 

7. Hindari Sarapan Prasmanan
Ketika di meja makan ada banyak jenis makanan (prasmanan), maka kita cenderung untuk mencicipi lebih banyak jenis makanan. Hal ini berarti kita akan mengkonsumsi porsi lebih banyak daripada yang seharusnya. Oleh karena itu, hindari sarapan dengan sistem prasmanan, dan ada baiknya sarapan dengan omelet, gandum, oat, dan segelas susu.

8. Jangan Melewatkan Sarapan
Meskipun anda masih kenyang akibat makan banyak di malam hari, namun anda harus tetap sarapan, paling tidak dengan sepotong roti dan buah. Melewatkan sarapan ternyata dapat menyebabkan proses metabolisme tubuh menjadi lebih lambat sehingga membuat tubuh semakin lesu menjalani aktivitas. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait