Tanya Jawab Seputar Masalah Keuangan Pribadi

Wawasan mengenai pengaturan keuangan pribadi adalah hal mutlak yang wajib diketahui agar bisa menciptakan kondisi finansial yang sehat. Ada banyak hal yang mesti diperhatikan, misalnya kartu kredit, jenis investasi, persiapan pensiun, dana cadangan, dan sebagainya. Nah, sebagai wawasan tambahan untuk anda, berikut disajikan beberapa poin penting terkait dengan finansial pribadi.

Apa itu budgeting dan apa saja yang dibutuhkan?
Secara sederhana, budget dapat diartikan sebagai daftar pengeluaran versus daftar pemasukan tiap bulannya. Dengan melakukan budgeting, mulai dari perencanaan belanja, pencatatan, dan pengaturan keuangan, maka kita bisa lebih mudah dalam melakukan kontrol dan evaluasi anggaran bulan kita. Lalu, bagaimanakah cara kita membagi porsi pendapatan kita? Gampangnya, bagi pendapatan anda untuk biaya kebutuhan sehari-hari sebesar 50%, tabungan sebesar 30%, dan dana darurat sebesar 20%.

Bagaimanakah pembagian porsi dana untuk dana darurat?
Jumlah uang cadangan (emergency fund) yang sebaiknya anda miliki adalah 6 x Jumlah Pengeluaran Bulanan. Artinya, jumlah dana darurat tersebut dapat menghidupi anda selama enam bulan. Ketika anda terkena musibah ataupun dipecat, maka anda punya waktu yang cukup untuk recovery. Oleh karena itu, setiap menerima gaji, dahulukan untuk menyisihkan uang untuk dana cadangan daripada kebutuhan untuk bersenang-senang.

Berapa besar idealnya jumlah tabungan pensiun yang harus disimpan?
Untuk menjawab permasalahan itu, anda harus mempertimbangkan banyak hal, mulai dari faktor umur anda sekarang, jumlah nominal tabungan yang sudah anda miliki sekarang, serta seperti apa kehidupan yang Anda inginkan saat sudah pensiun nanti. Banyak ahli keuangan yang menyarankan untuk menyisihkan 15-20 persen dari penghasilan bulanan untuk investasi pensiun.
Berapa jumlah kartu kredit yang sebaiknya dimiliki?
Hal ini pun memerlukan pertimbangan yang akurat. Hindarilah memiliki kartu kredit hanya untuk 'gaya-gayaan'. Sesuaikanlah dengan jumlah gaji yang anda miliki, karena fungsi kartu kredit sebenarnya hanya untuk mengganti yang tunai, tetapi banyak orang yang sering menyalahgunakannya sehingga terjebak pada lilitan hutang kartu kredit. Sarannya, janganlah memiliki kartu kredit lebih dari empat jenis. Ketimbang anda menambah jumlah kartu kredit, ada baiknya untuk upgrade kartu anda sehingga bisa menaikkan limit angka kreditnya.

Bagaimana cara investasi yang bagus?
Investasi berarti anda menyimpan uang dalam bentuk lain, seperti emas, saham, deposito, properti, dan sejenisnya. Melakukan investasi berarti kita mengharapkan uang yang kita miliki dapat menghasilkan uang yang lebih banyak lagi. Kapan saat yang tepat berinvestasi? Cobalah melakukan investasi ketika anda  memiliki tabungan pribadi 3x dari jumlah gaji bulanan anda. Tapi sebelumnya anda harus melunasi terlebih dahulu utang-utang kartu kredit anda, serta anda harus memahami risiko dari produk investasi yang anda pilih tersebut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait