Pertama Kalinya, Ilmu Komputer Menjadi Jurusan Terfavorit Mahasiswi

Untuk pertama kalinya, jurusan ilmu komputer menjadi yang paling populer dan banyak diminati oleh para calon mahasiswa perempuan di Stanford University. Mungkinkah hal ini pertanda dunia teknologi akan tumbuh semakin pesat? Berdasarkan data jumlah siswa awal, diketahui bahwa sekitar 214 mahasiswi atau sebanyak 30% telah mendeklarasikan diri memilih jurusan ilmu komputer.

Sementara itu, jurusan Ilmu Biologi yang biasanya menjadi terpopuler di kalangan kaum perempuan, kini berada di urutan ke dua, dengan jumlah peminat  sebanyak 208 orang.

jurusan ilmu komputer

Paradigma pergeseran kaum hawa terhadap jurusan bidang teknologi komputer tidak terlepas dari perkembangan positif dari kawasan pusat teknologi Amerika Serikat yang berlokasi di Silicon Valley, dengan beberapa perusahaan global seperti Google dan Yahoo yang dulu didirikan oleh para mahasiswa.

Ilmu komputer di Stanford University selama ini menjadi salah satu jurusan yang paling diminati. Sebanyak 20% mahasiswa di universitas ini mengambil program ini.

Jika dilihat secara global, menurut National Science Foundation, ada sekitar 18 persen dari seluruh sarjana di USA merupakan lulusan ilmu komputer yang bergender wanita.
Referensi: venturebeat.com

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait