Pantaskah Kota Bandung sebagai Silicon Valley-nya Indonesia?

Silicon Valley atau diterjemahkan menjadi Lembah Silikon adalah sebuah julukan bagi daerah yang terletak di selatan kota San Francisco Bay Area, California, Amerika Serikat. Julukan ini diberikan oleh Ralph Vaerst (seorang entrepreneur sukses di Central California) karena pada daerah ini terdapat banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor (memakai silicon untuk membuat semikonduktor komersial). Perusahaan-perusahaan raksasa yang sekarang mendiami Silicon Valley, antara lain: Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, dan juga Yahoo!.

Untuk mendorong percepatan pertumbuhan investasi di bidang ekonomi digital, pemerintah perlu menyediakan sebuah kawasan khusus yang menjadi tempat dan akomodasi bagi perkembagan dan kemajuan industri software serta Teknologi Informasi (TI). Jika di Amerika Serikat ada Silicon Valley, maka Indonesia juga perlu memiliki tempat serupa. 

silicon valley indonesia
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa salah satu yang menjadi ciri atau karakteristik khusus dari sektor TI dan industri digital adalah perkembangannya yang cukup cepat yang biasanya disokong oleh para perusahaan perintis (startup). Oleh karenanya, kawasan serupa Silicon Valley merupakan sebuah kebutuhan bagi Indonesia.Salah satu kunci kesuksesan pembangunan kawasan yang mirip Silicon Valley tersebut adalah disokong oleh iklim dan ekosistem usaha digital yang kondusif. Selain itu, pemerintah juga sebaiknya memfasilitasi kawasan tersebut agar bisa saling terhubung (link) dengan kampus-kampus di seluruh Indonesia, sehingga suplay terhadap kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas bisa terpenuhi.

Lalu, dimanakah lokasi kawasan yang cocok dibangun untuk mengakomodasi perkembangan industri digital tersebut? 
Dengan luas wilayah yang besar, tentu ada banyak tempat di Indonesia yang bisa menjadi alternatif. Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, hingga Medan adalah tempat-tempat yang bagus untuk mewujudkan lokasi Silicon Valley ala Indonesia. Namun, kota yang mungkin paling gencar disebut-sebut sebagai Silicon Valley-nya Indonesia adalah Bandung melalui pengembangan Bandung Technopark.

Cocokkah kota Bandung melalui kawasan Bandung Technopark dijadikan sebagai kawasan Silicon Valley-nya Indonesia? 
Mungkin dua kondisi ini bisa menjadi pendukungnya. Pertama, selain Jakarta, di Bandung juga telah banyak berdiri perusahaan startup bidang teknologi informasi, baik perorangan maupun yang dibangun oleh kelompok orang (pemuda) yang mencintai bidang ini.

Nah, yang kedua adalah kondisi alam kota Bandung yang lebih kondusif dari pada Jakarta, mulai dari suhu udaranya yang lebih sejuk, tingkat kemacetan yang tidak separah Jakarta, dukungan pemerintah daerah setempat yang besar, serta minat pemuda Bandung di sektor teknologi juga sangat antusias. Jadi, mungkin nanti kota Bandung tidak hanya terkenal sebagai kota Paris-nya Indonesia (kota mode), tetapi juga Silicon Valley-nya Indonesia (kota teknologi).

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait