Mengontrol dan Menjalankan Roda Bisnis dengan Smartphone

Untuk pelaku usaha kecil dan menengah, konektivitas (keterhubungan) merupakan hal yang sangat penting, bukan saja agar pelanggan dan client anda merasa senang, tetapi juga untuk menghindari kehilangan peluang bisnis baru. Untungnya, saat ini perkembangan teknologi telah menjawab permasalahan tersebut. Dengan munculnya berbagai produk smartphone, tablet, dan beserta aplikasi di dalamnya, para pemilik usaha kecil dan menengah tidak perlu lagi hanya duduk di belakang mejanya saja.

Bukan menjadi rahasia lagi, bahwa penggunaan ponsel telah mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir, bukan konsumen biasa saja, para pebisnis pun sering memanfaatkan mobile gadget untuk beragam keperluannya. Menurut jajak pendapat baru-baru ini PeoplePerHour, sembilan dari sepuluh UKM di Inggris sudah menggunakan ponsel dan aplikasi untuk menjaga konektivitas dan menjalankan operasional perusahaannya, dengan hampir tiga perempat (73%) dari pemilik usaha menggunakan mereka setiap hari. Mereka memanfaatkan beragam aplikasi untuk membantu pekerjaan mereka, di antaranya:

Aplikasi Penyimpanan Dokumen
GoogleDrive dan Dropbox digunakan oleh jutaan orang yang mampu memberikan solusi berbasis cloud yang sempurna untuk berbagai dokumen bisnis dan manajemen konten dengan menyediakan akses yang aman kapan saja, dan di mana saja.
aplikasi bisnis ponsel

Aplikasi Manajemen Waktu dan Pencatatan
Evernote menjadi salah satu aplikasi yang berguna untuk membuat catatan (note) penting dan pengingat "to-do-list" yang handal. Fitur memo suara menjadi layaknya basis data personal.

Hubungan Pelanggan
Aplikasi Zendesk merupakan solusi ideal untuk semua kebutuhan CRM Anda, dan tentu saja, hubungan pelanggan adalah proses kunci kesuksesan dalam bisnis apapun.

Aplikasi Media Sosial
Jika Anda tidak memanfaatkan Twitter dan Facebook untuk profil bisnis dari ponsel Anda, maka Anda berpotensi kehilangan kesempatan untuk tetap terhubung dengan para pelanggan Anda serta kehilangan kesempatan melakukan promosi. Anda dapat mencoba menggunakan Hootsuite atau Tweetdeck untuk menjadwalkan apa saja yang akan  tweet dan update sosial untuk halaman bisnis Anda selama berminggu-minggu secara terorganisir.

Aplikasi Agar Tetap Terhubung (Stay Connected)
Aplikasi Skype, Viber dan Fring menawarkan voice over IP (VoIP) yang menjadi solusi komunikasi sehingga memungkinkan Anda tetap berhubungan dengan rekan dan klien di berbagai negara dengan biaya panggilan yang labu murah. Anda bahkan dapat melakukan panggilan video untuk mengurangi kebutuhan untuk tatap muka langsung yang sering kali kurang efesien.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait