Memilih Layanan Cloud Computing Murah Berkualitas

Cloud computing menunjukkan sekelompok besar server jaringan menggunakan virtualisasi untuk menyebarkan tugas pengolahan data di antara mereka. Saat ini banyak perusahaan yang beralih menggunakan layanan Cloud atau komputasi awan untuk kebutuhan akses data mereka. Menurut The National Information Technology Laboratory (NIST), ada tiga model layanan cloud, yakni Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), and Software as a Service (SaaS). Untuk kebutuhan infrastruktur, ada tiga macam model layanan hosting, yakni private, public, dan hybrid.

Memilih provider atau penyedia layanan cloud memang bukan perkara yang mudah. Paling tidak ada 5 hal yang dijadikan pertimbangan, yakni Customizability, Cost, Flexibility, Security & Compliance, dan Support. Nah, berikut disajikan beberapa provider yang menawarkan paket cloud yang murah.

Amazon Web Services (AWS)
provider cloud computing murah
AWS mulai menawarkan platform infrastruktur teknologi pada tahun 2006. Amazon Web Services (AWS) merupakan penyedia layanan solusi berbasis cloud terpercaya untuk membantu memenuhi kebutuhan bisnis Anda. AWS Cloud diklaim memiliki akses kecepatan dan tingkat keamanan yang sama seperti Pfizer, Intuit, dan Angkatan Laut AS.

Qt Cloud Services
layanan komputasi awan
Qt Cloud Services menyediakan beragam tools yang anda butuhkan untuk selalu terkoneksi dalam pengembangan aplikasi anda. Gunakan bahasa pemrograman favorit Anda, baik itu Linux ataupun Windows untuk mengembangkan aplikasi modern dan maintainable. Kembangkan aplikasi dengan mudah melalui beragam add-ons. Biaya bulanan dimulai dengan harga US$ 9,9.

Baca juga: Persiapan Implementasi Teknologi Cloud dalam Bisnis

CloudFlare
bisnis cloud computing
CloudFlare menyediakan service cloud gratis. Meskipun demikian, layanan ini diklaim mampu melindungi dan mempercepat situs web apapun secara online. Setelah website Anda bergabung menjadi bagian dari komunitas CloudFlare, maka secara otomatis pengiriman halaman web Anda teroptimalkan sehingga pengunjung Anda mendapatkan load halaman tercepat dan kinerja terbaik. Teknologinya juga mampu memblokir ancaman dan membatasi bot kasar dan crawler yang membuang-buang bandwidth dan sumber daya server Anda. Hasilnya: situs yang ditenagai oleh CloudFlare akan mengalami peningkatan yang signifikan dalam kinerja dan penurunan spam maupun serangan lainnya.

Di pasaran saat ini terdapat ratusan provider yang menyediakan layanan komputasi awan dengan beragam varian harga dan model paketnya (kontrak, bulanan, pay as you go, dsb). Nah, yang tidak boleh dilupakan untuk dipertimbangkan adalah 2 provider besar dunia, yakni Google Cloud dan Windows Azure. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait