Inilah Strategi Facebook dalam Menjangkau Market Afrika

Untuk membuka dan memperluas akses internet di berbagai wilayah Afrika sub-Sahara yang masih jauh terhadap jangkauan internet, perusahaan jejaring sosial Facebook bekerjasama dengan Eutelsat Communications dari Prancis untuk peluncuran satelit. Facebook melalui program akses internet gratis, internet.org, berupaya memperluas jaringan tersebut ke kawasan terpencil. Sehingga diharapkan pada tahun 2016 nanti banyak orang yang bisa tercover jaringan internet, khususnya untuk mengakses situs Facebook secara gratis.

Dengan demikian, perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut dapat meningkatkan jumlah penggunanya, dan dengan sendirinya meningkatkan penghasilan melalui periklanan.

satelit facebook

Dilansir dari VOA News, satelit yang bernama AMOS-6 itu akan mampu mencakup wilayah benua hitam, khususnya di Afrika Barat, Timur, dan Selatan.

Melalui program internet gratis (internet.org) di negara-negara berkembang, Facebook berharap dapat menjadi bagian penting bagi masyarakat dunia yang sedang membutuhkan informasi pertanian, lowongan pekerjaan, layanan kesehatan, pendidikan, dan juga tentunya media pertemanan.

Menurut data broadband yang dipublikasikan PBB pada September lalu, pertumbuhan jumlah orang yang mengakses internet semakin stagnan, dan hampir setengah dari populasi dunia masih tak bisa menikmati berselancar di dunia maya.

Saat ini, Facebook telah mampu menjangkau 20 juta pengguna yang berada di kawasan Afrika, terutama di negara Kenya dan Nigeria yang lebih banyak mengakses facebook lewat ponsel.
(Image: eutalsat.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait