Ini Daftar Lulusan Sarjana yang Bergaji Paling Kecil

Berdasarkan study yang dipublikasikan oleh Michigan State University’s Collegiate Employment Research Institute (CERI), diperkirakan pada tahun 2016, para lulusan perguruan tinggi di Amerika Serikat yang bergelar sarjana dalam bidang periklanan akan mendapatkan gaji paling rendah di antara 35 sarjana lainnya. Sarjana periklanan yang berhasil memperoleh pekerjaan pada musim semi 2016 nanti akan mendapat gaji sekitar $35,700 per tahun.

Kemudian sedikit di atasnya adalah sarjana lulusan musik/drama dengan gaji $36,700 yang hampir sama dengan sarjana bidang public relations yang rata-rata memperoleh penghasilan 36,200 dolar.

Philip D. Gardner, pimpinan riset
Pada tahun 2015 ini merupakan tahun ke-45 CERI menerbitkan hasil surveynya. Untuk memproyeksikan jumlah gaji musim semi depan, CERI mengumpulkan data dari 4.700 pengusaha yang akan melakukan perekrutan karyawan di kampus-kampus di seluruh negeri yang mencakup 200 sekolah / perguruan tinggi, termasuk Northwestern, MIT dan berbagai perguruan tinggi negeri. Survei dilakukan dari akhir Agustus hingga September.

Dalam menghitung besaran gaji rata-rata untuk masing-masing bidang sarjana, Philip Gardner yang merupakan ekonom MSU, penulis utama dari survei, dan kepala kantor karir Michigan State, mengatakan bahwa ia mengumpulkan minimal 50 laporan gaji untuk masing-masing 35 jurusan perguruan tinggi, mulai dari desain perangkat lunak hingga ke pekerjaan sosial, dan rata-rata gaji yang dibayarkan untuk para pemula  sesuai bidang akademiknya. Jumlah gaji tersebut tidak termasuk komisi, tunjangan, bonus atau tunjangan lembur atau insentif lainnya.

Profesi lulusan sarjana yang juga diprediksi memperoleh gaji rendah pada angkatan kerja tahun 2016 mendatang adalah 5 profesi guru, seperti guru bidang kejuruan, guru SMP, guru SMA, guru biologi, guru sastra, dan guru sejarah yang rata-rata $37,800.

Bagi para calon lulusan sarjana di atas, yang menjadi berita baiknya adalah berdasarkan riset tersebut, pada tahun depan diperkirakan terjadi kenaikan gaji yang cukup siginifikan sebesar 15% dari rata-rata gaji tahun ini.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait