Hindari 5 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan cara atau metode pembayaran modern yang memudahkan manusia dalam proses pembayaran. Dengan kartu kredit, anda bisa melakukan pembayaran lebih praktis, tidak perlu membawa uang tunai, serta layanan yang paling menarik adalah adanya fasilitas "pinjaman" sehingga kita membeli sesuatu meskipun deposit uang kita sudah habis.

Namun, beragam fasilitas yang ditawarkan dalam kartu kredit terkadang bisa membawa dampak negatif bila tak pandai dan bijak memanfaatkannya. Ada lima kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pemilik kartu kredit, yakni:

gambar kartu kredit
1. Tidak Melunasi Seluruh Tagihan Kartu Kredit
Banyak orang yang terjerat dengan utang kartu kredit karena tidak melakukan pelunasan terhadap tagihan kartu kredit bulan sebelumnya. Tidak sedikit orang yang hanya membayar sejumlah “pembayaran minimum”, sehingga mengakibatkan sisa saldo hutang tersebut akan dikenai bunga, bahkan bisa mencapai 2,9%-4%. Jika kebiasaan ini tak diatasi, maka anda akan mulai terjerumus dalam lilitan hutang kartu kredit.

2. Kartu Kredit Dianggap sebagai Kartu Debit
Bila anda menganggap bahwa dengan memiliki kartu kredit berarti anda punya ATM, maka anda akan terjerat dengan masalah finansial. Ini adalah tindakan yang fatal. Jadi, upayakan untuk sebisa mungkin menghindari menarik uang cash dengan kartu kredit untuk hal yang tidak urgen, karena hal tersebut dapat dikenakan bunga dan biaya tarik tunai yang tinggi.

3. Kartu Kredit Digunakan untuk Membayar Utang
Memanfaatkan kartu kredit yang dimiliki untuk membayar cicilan utang tipe "secured debt" atau utang yang memakai jaminan adalah sebuah kesalahan yang tidak perlu dilakukan. Seperti yang kita ketahui bahwa utang yang menggunakan jaminan, seperti KPR, KMK, dan sejenisnya, biasanya memiliki bunga cicilan yang lebih ringan. Sehingga jika anda memanfaatkan fasilitas kartu kredit tersebut untuk menutupi utang tipe ini, maka itu artinya anda menukar beban bunga yang lebih ringan dengan beban bunga yang lebih tinggi.

Baca juga: Tips Memilih Produk Kartu Kredit Terbaik

4. Tidak Disiplin Mengontrol Penggunaan Kartu Kredit dan Tagihannya
Kesalahan yang juga sering terjadi dalam memanfaatkan kartu kredit adalah kurang disiplin dalam mengontrol pemakaiannya. Oleh karena itu, anda harus memiliki batas maksimum pemakaian. Kontrol dengan cermat, dan catat setiap transaksi yang anda lakukan. Jangan mudah tergoda terhadap promo-promo, jika anda termasuk orang tidak tahan godaan, maka tinggalkan saja kartu kredit anda di rumah saat hendak berbelanja di mall atau supermarket.

5. Menggunakan Kartu Kredit Hanya Untuk Gaya
Ketika anda memutuskan untuk mengajukan aplikasi permohonan kartu kredit, berarti anda sudah memiliki gambaran mengenai rencana apa yang akan anda lakukan dengan credit card tersebut. Jangan sampai hanya digunakan untuk gaya-gayaan dan pamer-pameran, yang ujung-ujungnya anda tidak bisa memahami atau mengoptimalkan kartu kredit tersebut. Sebelum mengajukan permohonan, anda harus menganalisa serta membandingkan jenis kartu kredit apa yang paling sesuai dengan kebutuhan anda, dan bank mana yang paling benefit produk kartu kreditnya untuk anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait