Cara Menghitung Harga BBM versi KPBB

Saat ini, perhitungan penentuan harga BBM didasarkan pada struktur rumus tertentu, yakni biaya BBM Indonesia = Biaya Pembelian Minyak Mentah (83%) + biaya pengolahan (6%) + biaya angkutan laut (5,8%) + biaya distribusi (3%) + biaya lainnya (1,8%). Namun, menurut Direktur Eksektutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin menjelaskan ada dua perhitungan yang lebih tepat mengenai cara menentukan harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ahmad mengungkapkan bahwa dalam menghitung harga penjualan Premium, ada dua metode yang bisa digunakan, yakni dengan metode harga pokok penjualan dan metode harga pokok penjual. Metode pertama dilakukan dengan acuan harga crude oil saat, sementara motode yang kedua dilakukan dengan acuan crude oil tertinggi.

harga bbm
Bila menggunakan metode harga pokok dengan acuan crude oil saat ini, maka bensin premium harusnya dijual pada harga Rp5.044 per liter. Sedangkan jika menggunakan perhitungan crude tertinggi, maka seharusnya harga Premium saat ini berada di kisaran Rp 6.099 per liter. Ahmad menjelaskan bahwa perhitungan kedua metode tersebut juga telah memasukkan beberapa perhitungan lainnya, seperti biaya pengolahan, biaya angkutan laut, dan biaya distribusi.

"Penetapan harga BBM belum mengacu pada harga pokok penjulaan. Juga belum transparan. Kualitas BBM tidak sesuai dengan internasional," jelas Ahmad seperti yang dikutip dari Metrotvnews.com (06/10/2015)

Lebih lanjut, Ahmad Safrudin menjelaskan jika penghitungan harga BBM dicoba dengan memakai metode border price, maka kualitas bensin yang disalurkan ke konsumen harus ditetapkan agar setara dengan kualitas bensin di pasar internasional. Menurutnya, harga Premium 88 saat ini seharusnya Rp 6.731,27 per liter.

Harga tersebut merupakan harga yang ideal (pas) setara dengan kualitas premium yang dijual di masyarakat. Ahmad Safrudin juga berpendapat bahwa perhitungan harga bbm saat ini dengan mengacu pada border price harga internasional juga masih terlalu tinggi dan tidak transparan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait