Cara Bank Indonesia Membangun Ekonomi Syariah

Kondisi ekonomi nasional Indonesia dapat diperkuat dengan mengembangkan ekonomi berbasis syariah. Hal ini diyakini oleh pihak BI melalui Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo, seperti yang dilansir dari Dream.co.id. Beliau percaya bahwa ekonomi Islam dengan berbasis komunitas bisa menahan gempuran krisis.

Tantangan ke depannya, ekonomi Indonesia akan digempur oleh para investor asing yang tak hanya membawa perusahaan - perusahaan besar masuk ke dalam negeri, tetapi juga membidik sektor UKM, misalnya Jepang yang mulai mengembangkan sayap bisnis UKM-nya ke Indonesia. Inilah tren baru yang harus dihadapi oleh masyarakat Indonesia.


Tantangan ekonomi yang cukup mengkhawatirkan tersebut harus segera dicarikan solusinya. Menurut Perry Warjiyo, salah satu strategi yang bisa menjadi penangkal adalah dengan memperkuat sektor usaha kecil dan menengah melalui perekonomian syariah yang pas untuk kondisi ekonomi Indonesia.

Dalam pengembangan ekonomi syariah tersebut, Bank Indonesia menawarkan empat solusi, yakni:

Pertama, menerapkan regulasi dan kebijakan yang menjadi penyokong pengembangan ekonomi syariah. Kedua, meningkatkan wawasan pengetahuan mengenai ekonomi syariah kepada semua pihak, mulai dari perbankan, pelaku usaha, dan sektor keuangan.

Poin ke tiga adalah dengan menyediakan model-model pembiayan ekonomi dan keuangan syariah. Solusi ke empat adalah melalui penyelenggaraan inisiatif-inisiatif internasional, seperti core principles zakat dan wakaf.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait