Brand Fashion Indonesia Masih Kalah Bersaing

Dalam urusan fashion, Indonesia memang merupakan salah satu basis produksi yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas. Namun sayangnya, untuk masalah branding, industri tekstil dan fashion dalam negeri belum memiliki merek yang kuat dan mampu bersaing di kancah global. Padahal banyak merek-merek internasional yang melakukan proses produksi di Indonesia, dan tentunya memakai bahan lokal.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kemenperin, Harianto dalam sebuah diskusi Business Forum tentang "Infrastrutur di Tengah Lesunya Industri dan Potensi Industri Penunjang", di Balai Kartini, Jakarta, (30/9/2015).

merek fashion indonesia

Beliau mengungkapkan bahwa tekstil branding di Indonesia masih perlu dikembangkan, sementara saat ini semua pabrik tekstil rata-rata brand asing, tidak ada brand lokal yang bisa dibanggakan. Misalnya sepatu juga sepatu Nike, bukan brand milik kita, meskipun semua industri itu diproduksi dalam negeri.

Menurut data Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), diketahui bahwa saat ini sebanyak 150 sampai 200 brand atau merek fashion ternama di dunia merupakan hasil produksi tangan - tangan terampil Indonesia, misalnya merek Zara.

Potensi keterlibatan industri tekstil Indonesia dalam menghasilkan produk-produk merek internasional tampaknya akan terus bertambah. Pemerintah diharapkan agar terus memberikan fasilitas dan kemudahan serta dorongan kepada industri fashion yang merupakan salah satu bidang industri padat karya.

Oleh karena itu, kelemahan industri tekstil Indonesia yang masih terjadi saat ini sangat perlu dikembangkan agar di kemudian hari bisa menjadi brand kuat yang patut dibanggakan.

"Someday Indonesia jadi industri tekstil. Jadi kita punya brand yang jadi membanggakan negara nantinya," ungkap Harianto.
(Referensi: Okezone)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait