Bisnis Sukses Ternyata Dimulai Dari 5 Hal Sederhana Ini

Ketika anda telah memutuskan dan berkomitmen untuk membangun sebuah bisnis, anda harus serius menekuninya. Karena jika anda kurang fokus, maka hasilnya pun tidak akan terasa bagus. Dibutuhkan usaha kerja keras dan pantang menyerah dalam meraih sesuatu, demikian pula dalam menjalankan sebuah kegiatan bisnis. Itu adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang, apalagi nasib baik belum menghampiri anda. Secara umum, mereka yang telah sukses membangun bisnisnya dari nol, telah menerapkan lima hal sederhana ini.

1. Mengubah pola pikir mengenai modal dalam mendirikan sebuah bisnis
Seorang pebisnis sejati tidak akan berhenti membangun impian bisnisnya hanya karena keterbatasan modal. Dia pasti mampu memanfaatkan segala potensi yang dimilikinya untuk mendapatkan modal. Terkadang, dia memulainya dengan usaha skala kecil, ataupun melakukan pekerjaan sambilan untuk tambahan modal. Dia pun bisa memanfaatkan reputasi dan relasi yang dimilikinya untuk membantu dalam pengembangan wirausahanya.

2. Membuang pikiran mengenai bisnis instan
pola pikir pebisnis sukses
Pola pikir ini akan membantu menumbuhkan kesabaran dalam menjalankan bisnisnya. Memang bisa dikatakan mustahil, jika bisnis baru akan langsung tumbuh besar dan mapan, kecuali nasib "super baik" sedang menghampiri anda. Setiap pebisnis sukses yang merintis bisnis mereka dari nol ternyata dilakukan dengan menapaki selangkah demi selangkah, serta memerlukan proses yang panjang. So, lupakan bisnis instan, yang ada hanyalah mie instan!!!

3. Berupaya menekan perhitungan modal bisnis
Pebisnis sukses selalu berupaya mencari cara yang bisa membuatnya berhemat sehingga bisa memiliki dana cadangan yang lebih. Misalnya untuk sewa tempat,  mereka membuat kesepakatan dengan teman yang memiliki lokasi bisnis strategis untuk bekerjasama dengan sistem bagi hasil. 

4. Cerdas dalam mencari modal bisnis  
Bagi kebanyakan orang, keterbatasan modal menjadi salah satu faktor yang sering mematahkan semangat untuk berwirausaha. Namun mereka yang telah sukses, tahu betul mengintip celah-celah yang bisa mendatangkan bantuan tambahan modal usaha. Selain kerabat terdekat, mereka bisa memanfaatkan lembaga keuangan seperti bank, koperasi simpan pinjam, pegadaian, atau BPR yang memiliki aneka program untuk membantu para UKM. Setiap pebisnis harus siap memulai sebuah bisnis meski dimulai dengan modal yang minim. Sebenarnya ada banyak jalan kreatif dalam mendapatkan modal usaha, contohnya bisa dilihat pada link tersebut.

5. Kreatif, Inovatif dan Solusioner
Jika bisnis anda ingin cepat berkembang, maka inovasi yang mampu menjadi solusi bagi banyak orang adalah jalan keluarnya. Banyak orang yang berhasil menjadi milyuner berkat daya inovasinya. Misalnya kisah pengusaha sablon kaos online "Teespring" yang berhasil melibatkan khalayak umum pengguna internet untuk bekerjasama membuat desain baju dan memasarkannya. Atau kisah penjual bakso "Kaget" yang sukses memasarkan produknya lewat jejaring sosial dan mengembangkan bisnisnya dengan sistem waralaba. Jika anda memiliki ide kreatif, unik, inovatif, dan mampu menjadi solusi terhadap suatu permasalahan banyak orang, maka dijamin dalam waktu singkat anda akan menjadi jutawan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait