7 Kebiasaan Orang Sukses Di Hari Libur Akhir Pekan

Apa saja yang dilakukan orang-orang sukses ketika hari libur? Libur akhir pekan memang bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh dari lelahnya rutinitas kerja selama 5-6 hari sebelumnya. Namun hal itu bukan berarti anda harus tidur seharian tanpa aktivitas yang produktif. Laura Vanderkam yang menulis buku berjudul "What the Most Successful People Do on the Weekend" mengungkapkan bahwa bermalas-malasan di akhir pekan takkan membuat jenjang karir dan bisnis menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, selama liburan akhir pekan sebaiknya dimanfaatkan dengan istirahat cukup, plus beberapa aktivitas yang bermanfaat. Apa sajakah jenis aktivitas di hari liburan yang dilakukan oleh orang-orang sukses?

hari libur kerja1. Menyusun Rencana
Sembari menonton televisi atau bioskop, ada baiknya anda menyusun rencana untuk target satu minggu ke depan, misalnya daftar rencana keuangan, lokasi liburan bersama, rencana bisnis, dan sebagainya.

2. Menambah Ilmu
Agar akhir pekan anda tidak membosankan, anda bisa mengisinya dengan berbagai aktivitas yang mampu membuat ilmu dan wawasan anda bertambah, misalnya membaca buku, kursus dan pelatihan, atau berkunjung ke tempat edukatif.

3. Merefleksi Diri
Refleksi diri atau perenungan merupakan aktivitas yang sering diperbuat oleh mereka yang telah suskes dalam karir atau bisnis. Ada banyak hal yang bisa anda renungkan, terutama perbuatan-perbuatan yang sudah anda lakukan satu minggu terakhir.

4. Berolahraga
Nah aktivitas ini wajib anda lakukan jika dalam satu minggu ini anda disibukkan dengan aktivitas kerja sehingga tak sempat melakukan peregangan otot. Berolah raga dapat membuat tubuh sehat dan pikiran fresh.

5. Menyelesaikan Pekerjaan Rumah
Anda yang punya pekerjaan rumah, baik itu tugas rumah tangga (mencuci baju, bersih-bersih) maupun tugas dari kantor, harus dicicil untuk dituntaskan. Pekerjaan menumpuk yang tak segera diselesaikan dapat membuat otak menjadi tambah stress.

6. Menjauhi Gadget
Kenapa aneka gadget, seperti smartphone maupun tablet harus dijauhi saat weekend? Karena benda-benda elektronik tersebut dapat membuat kita bermalas-malasan, sehingga tak menjadikan diri kita lebih produktif (kecuali beberapa jenis profesi tertentu).

7. Memperluas Jaringan Pertemanan
Saat hari kerja, kita disibukkan dengan berbagai aktivitas, sehingga tidak sempat melakukan aktivitas sosial (bergaul). Nah, manfaatkanlah hari libur anda untuk menambah sahabat dan kolega baru yang kelak berguna untuk karier atau bisnis anda. Namun, jangan juga menepiskan kepentingan keluarga anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait