5 Orang Kaya Ini Pernah Melakoni Pekerjaan Tak Biasa

Berdasarkan asal usul kekayaannya, mungkin kita bisa menggolongkan dia jenis milyuner, yakni milioner yang mendapatkan aset kekayaannya dari warisan orang tua, dan kelompok milioner yang memperoleh kekayaan karena memang dari usaha kerja kerasnya sendiri. Jika kita menengok kembali kisah perjalanan hidup orang kaya yang mendapatkan harta dari warisan, mungkin tak ada hal yang spesial (nothing special).

Nah, rasa penasaran mungkin akan timbul jika kita menyimak kisah hidup para miliarder yang berhasil memperoleh kekayaan karena dari usaha kerja kerasnya sendiri, apalagi jika di masa mudanya mengalami kehidupan yang sulit sehingga melakoni pekerjaan - pekerjaan yang tidak lazim, seperti cerita hidup kelima CEO berikut ini.

1. Jeff Bezos (CEO Amazon - Bisnis Perkemahan)
orang kaya
Pendiri sekaligus CEO Amazon ini dahulu bersama mantan pacar pernah melakoni bisnis perkemahan musim panas untuk pendidikan siswa kelas 4,5, dan 6. Perkemahan yang dilengkapi dengan layanan kursus 10 hari tersebut disebut dengan Dream Institute. Selulusnya dari Universitas Princeton, pria kelahiran tahun 1964 ini sempat menjadi karyawan di beberapa perusahaan, sebelum ia akhirnya memutuskan terjun ke bisnis internet mendirikan toko online terbesar di dunia.

2. Warren Buffet (CEO Berkshire Hathaway - Jualan Koran)
pekerjaan orang kaya
Salah satu orang terkaya di dunia ini dengan sejumlah perusahaan besar ternyata waktu muda pernah menjadi loper koran. Bakat bisnisnya memang sudah terlihat sejak kecil. Warren Buffet pernah jualan permen karet, coca cola, perangko, dan juga bola golf. Pria yang telah berumur 85 tahun ini membeli saham pertamanya ketika usianya baru beranjak 11 tahun, dengan uang hasil usahanya.

3. Richard Branson (CEO Virgin Group - Bisnis Rekaman)
Siapa sangka pria yang merupakan pendiri dan CEO Virgin Group ini dahulunya adalah seorang pengusaha studio rekaman. Dengan lebih dari 60 induk perusahaan, Richard merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Dari studio rekamannya tersebut, telah terlahir beberapa bintang, seperti Mike Oldfield dan band kontroversial Sex Pistol. Sayangnya, demi menjaga bisnis maskapainya, pada tahun 1992 ia menjual perusahaan rekamannya.

4. Steve Jobs (Ex-CEO Apple - Bisnis Kotak Biru)
Meskipun sosok pria ini telah meninggal dunia, namun perjalanan hidup dan jiwa visionernya selalu menjadi inspirasi para entrepreneur muda. Pendiri perusahaan paling berharga di dunia ini, Apple, ternyata sewaktu masih muda pernah melakoni pekerjaan yang aneh. Bersama rekannya, Steve Wozniak, ia memproduksi dan menjual kotak biru (blue box) yang berguna masuk ke sistem jaringan telepon dan membuat panggilan gratis. Produk kotak biru tersebut merupakan cikal bakal terlahirnya perusahaan teknologi Apple, Inc.

5. Mark Cuban (CEO AXS TV - Penjual Kantong Sampah)
Pria ini memiliki banyak perusahaan, diantaranya Wagner/Cuban Companies dan Dallas Mavericks. Selain itu Mark saat ini juga dikenal sebagai selebritis di acara Shark Tank. Namun, siapa yang bakalan menduga ketika berumur 12 tahun, ia melakoni usaha sebagai penjual kantong sampah. Semasa SMA dan kuliah pun, Mark Cuban juga melakoni beragam bisnis dan bekerja part time. Saat ia bekerja sebagai penjual software bisnis, ia akhirnya bertemu dengan klien baru dan merencanakan kerjasama bisnis yang akhirnya membawa ia seperti sekarang ini.

Demikianlah sekilas informasi tentang beberapa orang sukses yang menjalani kehidupan di usia muda dengan usaha kerja keras. Apa yang mereka lakukan telah membuahkan hasil yang manis, dan patut dijadikan inspirasi dan penyemangat hidup kita. Salam kerja dan usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait