4 Solusi Pinjam Uang di Bank dengan Jaminan KTP dan KK

Bagi mereka yang ingin mendirikan usaha tapi tak punya cukup modal, maka salah satu solusinya adalah mengajukan pinjaman bantuan kredit modal usaha ke pihak bank atau lembaga keuangan lainnya. Namun untuk mendapatkan pinjaman modal tersebut, harus ada jaminan yang menjadi agunannya, seperti sertifikat tanah atau BPKB kendaraan. Bagi mereka yang sama sekali tidak memiliki barang yang bisa dijadikan jaminan, namun memiliki pekerjaan tetap di suatu perusahaan, mungkin masih bisa mendapatkan kredit tanpa agunan (KTA) dari beberapa bank atau lembaga keuangan lainnya.

Nah, yang paling sulit dialami dalam mendapatkan bantuan kredit modal usaha adalah mereka yang sama sekali tidak memiliki barang jaminan untuk agunan dan bukan termasuk karyawan / pegawai tetap di sebuah perusahaan. Jalan satu-satunya yang biasanya sering ditempuh adalah mengajukan permohonan kredit kepada rentenir dengan risiko bunga yang cukup tinggi, 3-10%.

Lalu, bagaimana nasib pengusaha-pengusaha kecil dalam mendapatkan pinjaman dana usaha yang hanya bermodalkan KTP dan Kartu Keluarga saja? Berikut disajikan 4 solusi pinjaman dari bank untuk usaha kecil:

1. Produk Bebas dari BTPN
pinjam uang di bank tanpa jaminan
Anda berpeluang dapat menerima bantuan kredit usaha maksimal Rp 50 juta dari BTPN hanya dengan bermodalkan selembar Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Bank Tabungan Pensiunan Nasional tersebut memiliki produk perbankan yang dinamakan Bebas, dimana anda dapat mengajukan kredit usaha dengan agunan yang hanya berupa KTP dan KK. Produk BEBAS adalah kredit tanpa jaminan yang diberikan kepada pedagang atau pengusaha yang bergerak di sektor usaha UMKM. Plafond kredit produk BEBAS dapat diberikan mulai Rp. 1 Juta s/d Rp. 50 Juta dengan jangka waktu maksimal sampai dengan 24 bulan. Syaratnya, usaha anda tersebut harus sudah dijalankan minimal dua tahun. Produk Bebas tersebut disokong oleh Program Daya, dimana para debitur (peminjam) akan diberikan pelatihan untuk menambah wawasan dalam mengelola bisnis.

2. Produk Solusi Modal dari Bank Danamon
Salah satu bank nasional, yakni Bank Danamon saat ini tengah memiliki produk/program untuk membantu para pengusaha kecil yang kesulitan dalam mendapatkan bantuan kredit modal usaha, terutama para pengecer/retailer. Jika anda termasuk kelompok ini, maka tiada salahnya mencoba mengajukan permohonan kredit di Bank Danamon dengan syarat hanya KTP dan KK saja. Besaran pinjaman yang bisa anda peroleh maksimal 50 juta rupiah. Solusi modal yang ditawarkan oleh Bank Danamon ini didesain agar prosesnya lebih simpel, mudah, cepat, dan pro-rakyat. Bahkan, pihak bank Danamon telah meluncurkan layanan Mobil Danamon Simpan Pinjam (Mobil DSP). Layanan Mobil DSP tersebut merupakan langkah Danamon dalam upaya jemput bola langsung kepada calon nasabah, mulai dari pembukaan rekening, simpan uang, dan juga pengajuan pinjaman. Sebelum memberikan kredit usaha, pihak bank akan melakukan survey terlebih dahulu terhadap kelayakan dan potensi usaha pemohon.

3. Skema Subsidi Resi Gudang (bjb SSRG)
Bank yang dahulu dikenal dengan Bank Jabar Banten ini memiliki produk perbankan pro rakyat khususnya untuk para petani. Jumlah plafon yang bisa diajukan mencapai 75 juta rupiah. Untuk memperoleh kredit modal dari BJB, selain KTP dan KK, syarat lain yang diperlukan adalah bukti kepemilikan hasil bumi yang berupa Resi Gudang. Apa itu Resi Gudang? Resi Gudang adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh pengelola gudang sebagai bukti dari kepemilikan atas barang yang disimpan di dalam gudang. Produk komoditas yang anda miliki di gudang merupakan barang jaminan anda agar mendapatkan kredit. Besaran kredit usaha yang bisa anda peroleh adalah sebesar 70% dari nilai jual komoditas tersebut (resi gudang). Jangka waktu kredit hanya dibatasi 6 bulan saja.

Ketiga produk bank di atas merupakan cara termudah karena hanya bermodalkan KTP dan KK. Tapi, untuk memastikan bahwa anda layak menerima bantuan kredit tersebut dan pihak bank menyetujui permohonan anda, maka paling tidak anda sudah memahami hal-hal mendasar, misalnya jumlah penghasilan anda mampu meng-cover cicilan angsuran. Jika tidak, maka kemungkinan besar anda tidak akan mendapat persetujuan. Selain itu, anda perlu menyiapkan catatan keuangan usaha anda selama ini dan juga mempunyai rekening bank sebagai pendukung permohonan kredit anda.

4. Pinjam Nama Orang Lain
Jika permohonan anda tidak diterima oleh pihak bank, maka langkah terakhir adalah meminjam nama orang lain (keluarga atau teman) untuk diajukan sebagai penerima kredit tanpa agunan (KTA). Kerabat tersebut harus berstatus pegawai atau karyawan tetap di sebuah perusahaan, memiliki gaji yang mencukupi untuk pengajuan kredit, serta memiliki reputasi yang baik dalam hal finansial. Jika langkah terakhir ini pun ternyata tidak membuahkan hasil, maka anda perlu melakukan intropeksi dan bertanya pada diri sendiri, mengapa atau apa yang menyebabkan anda tidak sebegitu meyakinkan bahkan di mata kerabat anda sendiri. Artinya anda harus berusaha meningkatkan kualitas kepribadian anda agar bisa dipercayai oleh orang lain. Kredibilitas yang ada pada diri anda merupakan modal dasar dalam setiap menjalankan bisnis. Jika hal itu telah anda upayakan, maka anda bisa mencoba cara - cara kreatif dalam mendapatkan bantuan modal usaha, yang informasinya bisa anda temukan di link ini.

Demikianlah 4 cara mendapatkan bantuan kredit modal usaha yang hanya bermodalkan KTP dan KK saja. Semoga memberi inspirasi untuk bisnis anda, salam kerja dan usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait