3 Cara Memberi Kesan Baik di Hari Pertama Kerja

Jika hari ini adalah hari pertama Anda di tempat kerja yang baru maka Anda harus berusaha agar memberi kesan positif tentang diri Anda kepada orang lain yang berada di tempat kerja Anda tersebut baik itu kepada atasan maupun sesama rekan kerja Anda. Kesan yang baik dapat menjadi modal awal Anda dalam merintis karir. Atasan Anda pun akan melihat hal itu sebagai pertanda bahwa Anda memang sungguh sungguh dalam mengerjakan semua tanggung jawab Anda.

Lalu bagaimana kah caranya agar Anda bisa membuat kesan yang baik saat Anda menjalani hari pertama kerja Anda ? Berikut 3 point penting yang wajib Anda cermati.

1. Ketahui Tugas-tugas Utama Anda
hari pertama kerjaSetiap posisi dalam suatu perusahaan tentu memiliki tugas dan peran masing masing. Sebelum Anda pergi ke tempat kerja Anda, ketahuilah terlebih dahulu apa saja yang menjadi tugas dan kewajiban Anda. Informasi ini bisa Anda dapatkan melalui rekan kerja Anda, atau pun bertanya langsung pada atasan di hari awal Anda bekerja. Bertanyalah sesuai dengan apa yang Anda tidak ketahui, sebaliknya jangan terlalu banyak bertanya hal - hal yang sebenarnya bisa Anda cari informasinya di tempat lain. Hindari pula menanyakan hal yang sama berulang - ulang, ataupun bertanya hanya untuk "mencari muka" saja.

2. Usahakan Jangan Membuat Kesalahan Fatal
Jika Anda telah memahami apa yang menjadi tugas pokok Anda maka lakukan hal tersebut dengan hati hati. Upayakan juga mengerjakan tugas Anda dengan kualitas terbaik. Jika kehadiran Anda di tempat kerja tersebut membawa sesuatu yang berbeda (positif), tentu atasan Anda akan memberikan nilai plus terhadap kinerja Anda.

3. Bersikap Positif
Bawalah aura positif, baik dalam hal pikiran, sikap, maupun tindakan ke tempat kerja Anda. Ini adalah cara yang paling baik untuk membuat atasan Anda tersenyum. Jangan terlalu peduli terhadap orang - orang di sekeliling Anda yang memiliki pikiran negatif terhadap diri Anda di hari pertama bekerja. Anda masih punya banyak waktu untuk membalikkan pikiran mereka terhadap diri Anda. Teruslah berpikir positif dan jalankan tugas dengan baik sehingga Anda dapat melewati deadline tanpa adanya masalah yang berarti. Demikianlah 3 tips sederhana dalam melakoni hari pertama anda bekerja di tempat kerja yang baru.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait