10 Negara Terbaik untuk Investasi Tahun 2015-2016

Memilih sebuah lokasi bisnis, baik itu untuk buka bisnis baru atau pun membuka cabang baru, merupakan pekerjaan yang penuh risiko, apalagi jika melakukan ekspansi ke luar negeri. Tanpa wawasan yang terperinci, seorang investor bisa saja akan terbebani oleh biaya-biaya lain tersembunyi, ketidakstabilan politik, dan hal lain sebagainya yang bersifat lokal. Berdasarkan laporan yang dipublikasikan dalam Global Dynamism Index, tersusun daftar peringkat negara-negara yang bagus untuk pengembangan usaha.

Perusahaan yang menerbitkan data tersebut, Grant Thornton, menggunakan 22 indikator untuk membuat daftar peringkat negara-negara di dunia, antara lain kekuatan finansial negara, aksebilitas, ketersediaan buruh, teknologi, pertumbuhan ekonomi, dan termasuk juga lingkungan operasional bisnis. Lalu, negara mana sajakah yang pada tahun ini sangat bersahabat untuk memulai bisnis dan mendirikan perusahaan?

negara terbaik untuk investor

Di posisi ke-10 adalah negara Taiwan. Negara yang beribukota Taipei ini memperoleh skor tinggi dalam hal teknologi dan pasar tenaga kerja, sehingga membuatnya naik sembilan peringkat dari posisi tahun lalu.

Di urutan ke-9 ditempati Kanada, satu-satunya wakil dari daratan Amerika Utara. Dalam hal business operating environment, negara ini memperoleh skor bagus. Namun sayangnya posisi turun dua peringkat dari tahun lalu.

Di rangking ke-8 ada Norwegia yang naik dua peringkat dari tahun sebelumnya. Hal yang membuatnya bagus untuk bisnis adalah infrastruktur yang memadai, pasar tenaga kerja yang kuat, dan kondisi financial yang sehat.

Kemudian, naik di atasnya (posisi ke-7) adalah Swiss. Sektor keuangan yang dinamis serta cepat dalam pemilihan krisis ekonomi Eropa membuatnya negara ini menguntungkan untuk berinvestasi.

Selanjutnya urutan ke-6 adalah Slovenia yang mampu melompat 27 peringkat dari posisi tahun lalu. Pertumbuhan pasar yang cepat dan perkembangan teknologi yang signifikan membuatnya menjadi alternatif menarik untuk para pemilik modal.

Di deretan 5 besar ada Swedia yang pada tahun lalu berada di urutan ke-9. Meskipun tarif pajak di negeri ini relatif tinggi, namun kemajuan teknologi dan lingkungan yang bersahabat untuk memulai bisnis membuat negara yang ibu kotanya Stockholm ini tetap menarik untuk berwirausaha.

Daftar ke-4 adalah Finlandia. Negara yang bertetangga dengan Swedia ini sebenarnya memiliki skor sama dengan Australia yang ada di posisi ke-3. Kotanya Helsinki menjadi salah satu pusat pengembangan teknologi, misalnya teknologi mobile Nokia.

Di urutan ke-3 ada Australia yang sebelumnya merupakan sang jawara. Pertumbuhan ekonomi yang cepat pada dua kota utamanya, Sydney dan Melbourne, membuat negara ini menjadi salah satu negara sasaran para perusahaan global.

Di posisi ke-2 adalah Israel yang mengalami kenaikan sebanyak 6 peringkat. Negara ini dikenal sebagai negara yang paling bagus untuk mendirikan perusahaan startup, khususnya di bidang teknologi dan finansial.

Sementara yang menduduki peringkat pertama (ke-1) ternyata negara tetangga Indonesia, yakni Singapore. Berdasarkan laporan study tersebut, negara Singapura didaulat sebagai negara dengan financing environment terbaik di dunia. Dari semua indikator, Singapore memperoleh skor yang bagus, sehingga membuatnya naik enam peringkat dari tahun sebelumnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait