Wow.. Google Punya Cara Unik Rekrut Karyawan

Sebagai salah satu perusahaan raksasa teknologi dunia, Google memerlukan orang orang yang memiliki kemampuan mumpuni dalam menjalankan tugasnya agar perusahaan Amerika tersebut tetap bisa bertahan dan menjadi pioneer perusahaan global. Oleh karena itu, para staf pada divisi perekrutan karyawanvdi Google menempuh banyak cara demi mendapatkan orang-orang yang memang kompeten di bidangnya. Bahkan mereka juga memanfaatkan mesin pencarian untuk menemukan sosok hebat di berbagai penjuru dunia.

Cara unik dan kreatif tersebut ternyata dirasakan oleh seorang programmer bernama Max Rosett yang kini menjadi bagian dari Google. Google ternyata memiliki cara unik dalam merekrut karyawan. Diam-diam dengan teknologi canggihnya, mereka mencari orang orang pengguna internet yang memiliki keahlian khusus.

google rekrut karyawan
Seperti yang diceritakan oleh Max Rosett pada blognya The Hustle, bahwa ternyata Google menanamkan aplikasi rahasia pada mesin pencariannya. Aplikasi tersebut berperan sebagai salah satu alat untuk perekrutan karyawan berbakat. Bagaimanakah sistem kerjanya?

Max menceritakan ketika di suatu pagi ia sedang menggunakan komputernya untuk browsing internet mencari informasi tentang 'python lambda function list comprehension.' menyelesaikan sebuah proyek. Saat ia menggunakan mesin pencarian Google, daftar hasil situs pun muncul menyajikan keyword yang terkait. Namun hal aneh tiba-tiba terjadi layaknya seperti kisah film Harry Potter atau Alice in Woderland yang menyajikan pintu rahasia membawa kita dalam dunia fantasi dan petualangan .

Halaman pencarian Google yang berisi link-link situs ternyata terbelah menjadi dua yang selanjutnya muncul sebuah pop up pesan yang menawarkan sebuah tantangan. Adapun pesan tersebut berbunyi "You're speaking our language. Up for a challenge?"

Ada tiga pilihan jawaban yang muncul di bawah pesan tantangan tersebut yakni pilihan: pertama I want to play, kemudian pilihan kedua No thanks & pilihan ketiga adalah "Don't so me this again. Max pun lalu memilih jawaban pertama karena terdorong oleh rasa penasaran. Setelah mengklik pilihan tersebut, Max pun diarahkan menuju ke halaman khusus. Halaman tersebut berisi uraian mengenai tantangan dan rentang waktu 2 minggu untuk penyelesaian enam masalah programming yang harus ia selesaikan. Max pun mencoba menyelesaikan tantangan tersebut dengan antusias. Ia mengunggah hasil kerjanya pada halaman rahasia yang telah disediakan oleh Google. Enam tugas yang telah diselesaikan Max ternyata berbuah manis. Pihak Perwakilan staf HRD Google meminta Max untuk mengirimkan kontak personal sebagai langkah awal untuk mengadakan pertemuan. Tak disangka - sangka, Max merasa kaget karena dirinya direkrut menjadi karyawan Google di bidang engineering.

Pengalaman yang cukup unik tersebut mungkin suatu saat bisa menimpa Anda. Oleh karena itu, bersiap - siaplah jika seandainya ada halaman mencurigakan saat Anda menggunakan mesin pencarian Google karena mungkin saja Anda menjadi salah satu incaran perusahaan raksasa teknologi dunia tersebut untuk direkrut menjadi salah satu staf pegawainya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait