Tips Aman Transaksi Internet Banking dengan BCA

Transaksi dengan fasilitas internet banking semakin banyak digunakan para pebisnis di Indonesia. Sebagian besar bank di tanah air telah menyediakan layanan ini, termasuk juga Bank BCA dengan nama layanan Klik BCA. Dibalik kemudahan proses transaksi dengan menggunakan internet, ternyata banyak menyimpan potensi ancaman bahaya yang dilakukan oleh para pelaku tindak kejahatan dunia maya. Oleh karena itu, bagi anda yang sering memanfaatkan fasilitas Klik BCA untuk transaksi via internet, harus tetap hati-hati dan teliti dalam setiap aktivitas internet banking anda. Berikut beberapa tips yang patut anda perhatikan.

Pastikan pada komputer yang biasa anda gunakan untuk memakai layanan internet banking telah terinstal anti virus yang terbaru (update), serta selalu melakukan scan secara realtime.

transaksi bcaSistem operasi (OS) yang tertanam pada perangkat komputer anda juga sebaiknya memakai versi terkini, karena biasanya OS terbaru cenderung telah diperbaiki agar lebih stabil dan aman.

Gunakan firewall, serta pastikan bahwa setting atau pengaturannya tersebut dapat membuat komputer anda terlindungi. Firewall adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar.

Segera delete email yang berupa spam ataupun email yang mencurigakan. Demikian pula email yang dikirim oleh pihak yang tidak anda kenal. Hal terpenting lainnya adalah melakukan scanning terhadap attachment atau lampiran email sebelum dibuka, karena bisa saja seseorang mengirim virus lewat emailnya.

Jika anda sering mendownload sesuatu di internet, maka pastikan bahwa file yang anda download terbebas dari virus, serta ada baiknya anda mengunduh file yang memang berasal dari situs-situs terpercaya.

Biasakan melakukan scan terhadap USB flash disk atau kartu memory anda sebelum digunakan.

Kenali dan pahami proses melakukan transaksi di Internet yang biasa anda terapkan. Misalnya KeyBCA yang anda miliki hanya bisa digunakan untuk aktivitas tertentu. Jika anda diminta response KeyBCA di luar proses yang biasa, segera laporakan atau konfirmasi hal tersebut ke Halo BCA di telepon 1500888.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait