Peran Wanita di Sektor Pembangunan Ekonomi Indonesia

Bagaimanakah peran wanita terhadap sektor pembangunan di Indonesia? 

Pembangunan ekonomi Indonesia tentu takkan pernah terlepaskan dari sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Nah, menurut catatan Nita Yudi yang merupakan Ketua DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), bahwa dari total UMKM di Indonesia yang berjumlah sekitar 54 juta unit, ternyata hampir setengahnya adalah kelompok usaha mikro.

organisasi pengusaha wanita
Enam puluh persen dari pelaku di sektor usaha mikro tersebut adalah kaum perempuan. Hal ini berarti kaum perempuan di Indonesia memiliki kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

Pemerintah diharapkan dapat terus aktif memberikan dukungan serta perhatian terhadap peran dan kinerja para pelaku UMKM, khususnya pengusaha perempuan. Hal ini diungkapkan oleh Nita, seperti yang dikutip dari situs Okezone. "Iwapi sampai 40 tahun tetap eksis dan berjalan dengan baik, serta satu-satunya organisasi pengusaha terbesar," ucapnya.

Sejak didirikan pada tahun 1975 lalu oleh Dewi Motik, IWAPI menjadi sebuah wadah bagi para pelaku usaha wanita di Indonesia. Hingga hari ini, sekitar 30 pengusaha yang terdiri dari 18 persen pengusaha sedang dan 2 persen pengusaha makro.

Menurutnya, selain menjadi organisasi untuk para pengusaha wanita, IWAPI juga berperan dalam berbagai pelatihan dan pendidikan untuk kaum ibu-ibu yang menjadi pengusaha dan berminat menjadi wirausaha.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait