Pengusaha Wanita Ini Sukses Bisnis Kain Lurik secara Online

Siapa bilang perempuan menjauhi teknologi. Sepertinya itu hanya cerita lama. Kini perempuan justru aktif menggunakan teknologi, terutama teknologi informasi. Perempuan ikut aktif dalam media sosial, bersosialisasi diri di dalamnya, juga terlibat dalam mendiskusikan aneka isu yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Tulisan kali ini menghadirkan kisah tentang perempuan yang dengan dukungan internet mampu melakukan pemberdayaan masyarakat, mengembangkan bisnis dan membangun jejaring sosial. Salah satunya adalah  Narendra Dewi dengan bisnis katun lurik.

pengusaha wanita fashion
Narendra Dewi, ia adalah perempuan ulet dan kreatif. Narendra adalah ibu rumah tangga yang sukses mengusung gagasan pelestarian kain katun lurik. Gagasan ini kemudian menjadi bisnis utama Narendra yang sejak tahun 2011 membuka usaha penjualan katun lurik dengan brand KaLu. Narendra Dewi mungkin mewakili sosok pengusaha jenis baru yang tumbuh di era ketika teknologi informasi menembus batas ruang dan waktu. Rumah tangga menjadi basis tempat produksi, dan profesi sebagai pengusaha dan ibu rumah tangga bisa berjalan di ruang yang sama. Narendra aktif memasarkan produk jualannya melalui internet, juga melalui media sosial.

Dengan menggunakan sistem pemasaran online, katun lurik yang dijual Narendra perlahan dikenal masyarakat, bahkan mampu menembus pasar luar negeri. Narendra mengakui tidak mudah mengelola bisnisnya, tapi dengan dukungan internet dan media sosial, bisnis Narendra mampu bertahan hingga hari ini.

kain lurik

Menurut pengakuan Narendra, seperti yang dikutip dari wawancara di sebuah stasiun televisi swasta, alasan ia memilih membangun bisnis katun lurik adalah karena kompetitor produk ini masih sangat sedikit. Modal awal yang ia butuhkan kala itu adalah sekitar 5 juta rupiah yang ia peroleh dari hasil gadai gelang emasnya.

Berkat kerja kerasnya,  kini ia mampu menjadi pengusaha kain lurik yang sukses dengan omset 50-100 juta rupiah per bulan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait