Mengapa Pertumbuhan Industri Syariah di Indonesia Stagnan?

Industri perbankan syariah di Indonesia seolah-olah sedang jalan di tempat. Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah aset perbankan syariah tidak kunjung beranjak dari angka 5 persen dari total aset industri perbankan di Indonesia. Industri perbankan syariah diyakini akan tumbuh dengan cepat ketika ada dukungan dari pemerintah, yakni berupa regulasi yang memudahkan bank syariah melakukan ekspansi.

bisnis syriah
Sampai saat ini, bisnis yang dilakukan bank syariah belum banyak berbeda dengan bisnis perbankan konvensional, padahal akar syariah dalam bisnis perbankan syariah dapat dikembangkan lebih jauh lagi.

Industri perbankan syariah juga dinilai akan semakin pesat berkembang jika didukung oleh literasi keuangan syariah, melalui jalur formal maupun non formal, seperti pendidikan agama dan ceramah, atau pengajian. Sebab selama ini, industri perbankan syariah masih dinilai memiliki unsur riba yang diharamkan.

Di sisi lain, para pelaku bisnis dalam program syariah harus terus meningkatkan layanan nasabah, sehingga dapat mampu bersaing dengan lembaga konvensional.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait