Melimpahnya Uang Penduduk Indonesia di Singapura

Wow.., penduduk - penduduk kaya Indonesia ternyata memiliki jumlah simpanan uang yang cukup besar di luar negeri. Saat ini sekitar 250 miliar dolar amerika atau lebih kurang 3.500 triliun rupiah uang dari penduduk Indonesia tersimpan di luar negeri. Sebagian besar diantaranya berada di Singapura.

uang rupiah
Oliver Wayman, sebuah lembaga konsultan manajemen global yang berbasis di New York (Amerika Serikat), memperkirakan sekitar 250 miliar dolar amerika serikat uang dari Indonesia saat ini berada di Singapura.

Perinciannya, sebanyak 120 - 140 miliar dolar amerika serikat disimpan dalam bentuk aset finansial, dan sisanya sebanyak 60 - 80 miliar dolar amerika serikat disimpan dalam bentuk aset fisik, seperti properti.

bank singapura

Dana-dana yang tersimpan di negeri tersebut seharusnya dapat ditarik kembali ke dalam negeri guna mendorong pertumbuhan ekonomi. Saat ini kondisi pasar keuangan Indonesia dinilai masih dangkal dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Menarik dana dari Indonesia yang masih terparkir di luar negeri merupakan salah satu cara memperdalam pasar keuangan Indonesia.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait